images 10 2
Home All News Rasain! Ridwan Kamil Bilang Pelaku Pungli di TPU Cikadut Udah Dipecat dan Diproses Hukum Polisi
All News - Regional - 2021-07-11

Rasain! Ridwan Kamil Bilang Pelaku Pungli di TPU Cikadut Udah Dipecat dan Diproses Hukum Polisi

MATAKOTA, Bandung – Kasus pungutan liar atau pungli yang dilakukan oknum di TPU Cikadut khusus COVID-19 di Kota Bandung, mendapat respons cepat dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Terkait berita pungli pemakaman yang terjadi Cikadut ini, oknum-oknum tersebut sudah langsung dipecat dan sekarang diperiksa oleh kepolisian,” ucap Ridwan Kamil, melalui media sosial Twitter, Minggu (11/7/2021).

Diungkap dia, oknum-oknum tersebut ternyata melakukan modus pungli tidak hanya kepada keluarga non muslim,  namun juga menyasar keluarga jenazah COVID-19 muslim.

Dia berujar, pemakaman pasien COVID-19 tidak dipungut biaya karena semua petugas sudah dibayar bulanan oleh Pemkot/kabupaten sebagai instansi pengelola.

“Kami memohon maaf atas dinamika yang terjadi di lapangan, karena seharusnya hal ini tidak terjadi,” tulis Ridwan Kamil.

Menurut dia, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemkot Bandung melalui Wakil Wali Kota Yana Mulyana terkait masalah ini. Ridwan Kamil meminta agar pemerintah daerah memperbaiki dan meningkatkan pengawasan terkait pemakaman COVID-19 di wilayahnya masing-masing.

Dia pun berharap, kejadian serupa jangan sampai terjadi lagi.

“Juga arahan yang sama disampaikan kepada kota kabupaten lainnya, agar memastikan pelayanan kepada publik harus optimal dan tidak berbayar,” ucap Ridwan Kamil.

Diketahui, kasus pungutan di TPU Cikadut tahun lalu sempat viral. Kemudian Pemkot Bandung mengklaim mengalokasikan anggaran Rp 4 miliar untuk honor petugas pemakaman.

Beredar kabar, pada kenyataannya gaji tenaga PHL di TPU Cikadut selalu telat cair. Mereka pun mengaku tidak mendapatkan perlengkapan pemakaman yang memadai. (DRY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Kadisdik Jabar Minta Anak Kembar Siam Tetap Diberikan Pendampingan Pendidikan

MATAKOTA, Bandung — Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) akan menjamin pendi…