Home Kesehatan Manfaat Daun Sintrong, Dari Cegah Kanker Hingga Menjaga Imunitas
Kesehatan - Kronik - 2 weeks ago

Manfaat Daun Sintrong, Dari Cegah Kanker Hingga Menjaga Imunitas

MATAKOTA – Bagi sebagian masyarakat, khususnya orang Sunda, pasti sudah mengenal daun sintrong. Pasalnya daun ini kerap dijadikan lalapan untuk makan sehari-hari menemani sambal dan lauk lainnya. Tanaman yang semula dianggap rumput liar ini memiliki rasa yang segar mirip daun mint. Selain enak dimakan, ternyata daun sintrong juga sehat.

Daun yang bernama latin Crassocephalum crepidioides ini kaya akan kandungan senyawa dan nutrisi yang berguna untuk menunjang kesehatan.

Kandungan senyawa di daun sintrong mampu mengatasi berbagai penyakit. Itulah sebabnya daun sintrong juga kerap dijadikan obat tradisional atau herbal.

Daun sintrong banyak tumbuh di berbagai daerah di tanah air. Itulah sebabnya tanaman ini mempunyai beragam nama, seperti jambrong, balastrong, tespong, sawi rusa, jebung dan lainnya.

Sintrong
Daun sintrong atau Crassocephalum crepidioides ini kaya akan kandungan senyawa dan nutrisi yang berguna untuk menunjang kesehatan. (Foto: twitter)

Sintrong memiliki tekstur empuk, dan batangnya yang lunak. Aromanya yang segar dan rasanya yang cenderung netral membuat semua orang menyukai daun sintrong.

Berikut beberapa manfaat daun sintrong yang telah dirangkum matakota.com dari berbagai sumber:

Menghaluskan Permukaan Kulit

Manfaat daun sintrong salah satunya bisa membantu menghaluskan kulit. Kandungan vitamin yang melimpah seperti polifenol, saponin, dan juga flavonoida yang merupakan antioksidan, sangat baik untuk kulit.

Flavonoida berperan sebagai UV filter alami untuk melindungi kulit dari pancaran sinar matahari yang berlebih, sehingga permukaan kulit bisa tetap terjaga.

Membantu Turunkan Berat Badan

Selain dikenal sebagai penambah nafsu makan, daun sintrong juga bisa digunakan sebagai alternatif untuk membantu menurunkan berat badan.

Walaupun memiliki nutrisi yang tinggi, daun sintrong tidak memasok lemak pada tubuh sehingga karbohidrat serta lemak bisa tersaring, tergantikan dengan nutrisi kompleks dari daun yang berasal dari daratan Afrika Tropis tersebut.

Menjaga Kekebalan Tubuh

Di masa seperti sekarang, kebugaran tubuh menjadi hal yang penting agar tak mudah terinfeksi Covid-19.

Biasanya untuk meningkatkan imunitas, manusia membutuhkan asupan vitamin B kompleks. Salah satu makanan yang banyak mengandung vitamin ini adalah daun sintrong.

Melancarkan Pencernaan

Salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami masyarakat Indonesia adalah gangguan pencernaan.

Dengan kandungan serat utuh yang melimpah, daun sintrong dipercaya bisa menjadi obat yang ampuh untuk mengatasi gangguan pencernaan. Daun sintrong bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, salah satunya dengan menjadikannya sebagai lalapan pendamping saat makan.

Sintrong
Daun sintrong atau Crassocephalum crepidioides ini kaya akan kandungan senyawa dan nutrisi yang berguna untuk menunjang kesehatan. (Foto: twitter)

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan magnesium dalam daun sintrong, dipercaya mampu menjaga kesehatan tulang. Daun sintrong juga bisa menjadi obat alternatif untuk menurunkan tekanan darah. Pasalnya senyawa yang terkandung dalam daun sintron mampu menjaga tekanan darah tetap normal.

Rutin mengonsumsi daun sintrong bisa mencegah penyakit darah tinggi atau hipertensi.

Daun sintrong juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Senyawa dalam daun sintrong mampu menegah penyempitan pembuluh darah akibat kolesterol. Sehingga aliran darah ke jantung menjadi lebih lancar dan sehat.

Selain itu daun sintrong mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL). Di sisi lain, daun sintrong meningkatkan kadar kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL).

Daun sintrong juga mengandung khasiat analgesic dan antipiretik. Itulah sebabnya daun sintrong berguna mengurangi sakit atau nyeri akibat sakit kepala atau nyeri punggung dan bagian tubuh lainnya.

Untuk mendapatkan manfaat daun sintrong paling gampang adalah dengan memakannya secara langsung sebagai lalapan. Tapi bisa juga mengolahnya menjadi teh sintrong.

Caranya, ambil tiga atau lima lembar daun sintrong, cuci bersih. Rebus dengan tiga gelas air sampai mendidih dan tersisa satu gelas. Biarkan sampai menjadi hangat dan minum secara rutin. Bisa juga ditambahkan madu untuk menambah rasa. (DRY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Corona Indonesia 15 April: Bertambah 6.177 Kasus Positif, Meninggal 167 Orang

MATAKOTA, Jakarta – Kasus baru corona di Indonesia belum membaik. Sebab itu, tetap jangan …