images 6
Home Berita Kelezatan Jamur Bulan di Jalan Raya Bandung-Cirebon
Berita - Kronik - 2021-02-27

Kelezatan Jamur Bulan di Jalan Raya Bandung-Cirebon

Bandung, matakota.com- Jenis jamur bulan atau gymnopus sp, adalah jenis jamur liar yang aman dikonsumsi dan paling istimewa karena rasanya yang lezat.

Jenis jamur bulan banyak peminatnya, namun susah untuk didapat karena habitatnya berada di alam liar.

Namun bagi anda yang biasa hilir mudik BandungCirebon, anda tidak usah susah mencari karena di jalan raya BandungCirebon tepatnya di wilayah Tanjungsari Sumedang pada musim hujan seperti ini banyak yang menjual jamur bulan. Jenis jamur ini dijajakan warga setempat dipinggir jalan.

Sepintas memang tidak terlihat karena dijajakan bukan dalam satu tempat atau gedung tapi dijajakan oleh perorangan. Jamur yang dikemas kantong kresek transparan itu dikemas dalam satu jamur bulan satu kresek.

Menggunakan sebatang kayu, jamur bulan tersebut dijajakan memanjang digantung dalam kayu tersebut. Ujung kayunya dipegang si penjual.

Baca juga: Waspada! Ini Ciri Buah-buahan Berbahan Kimia

Penjual jamur bulan ini dari arah Bandung terlihat mulai selepas kota Kecamatan Tanjungsari hingga sebelum Cadas Pangeran.

images 7
Ilustrasi jamur bulan (Foto:Net)

Diungkap seorang pedagang, Mang Romli (50) saat ditemui dipinggir jalan raya BandungCirebon di kampung dan Desa Citali Kecamatan Tanjungsarijamur bulan itu dijual antara Rp10 ribu hingga Rp25 ribu.

“Tergantung ukurannya, kalau besar jamur bulan nya dijual satunya Rp25 ribu,” ujar Romli, dilansir Desk Jabar, Sabtu (27/02/2021).

Romli berujar, bila musim hujan dia kerap kali berjualan jamur bulan di pinggir jalan BandungCirebon daerah Tanjungsari.

Jenis jamur bulan, didapatnya dari gunung geulis wilayah Sumedang.

“Memang ini liar makanya kami selalu mencari ke wilayah gunung geulis yang tidak jauh dari kampung kami. Alhamdulillah selalu dapat karena musim hujan ini banyak tumbuh jamur bulan,” ucapnya.

Baca juga: Keren! Ada ‘Piring Bicara’ di Kampung Tjibarani Bandung

Memang jamur bulan jenis jamur yang paling banyak dicari karena rasa yang lebih enak bila dibandingkan rasa daging. Jamur bulan tumbuh dan hidup pada musim penghujan.

Berkembang biak secara berkelompok di tanah yang lembab atau di akar tanaman. Jamur ini punya tudung putih atau kecoklatan serta putih bersih. (DRY) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

5 SMK di Jabar Presentasikan Kesiapan Menjadi BLUD

MATAKOTA, BANDUNG, — Sebanyak 5 sekolah menengah kejuruan (SMK) di Jawa Barat (Jabar…