Screenshot 2021 09 17 13 31 54 56 40deb401b9ffe8e1df2f1cc5ba480b12
Home All News Menguak Misteri Hantu Nancy SMAN 5 Bandung
All News - Kronik - 2021-09-17

Menguak Misteri Hantu Nancy SMAN 5 Bandung

MATAKOTA, Bandung – Menyebut nama SMAN 5 Bandung, seolah identik dengan cerita misteri keberadaan sosok hantu Nancy yang dipercaya sebagai penghuni sekolah beken di Kota Kembang itu.

Bagaimana tidak, nama hantu Nancy begitu sering dibicarakan oleh warga SMAN 5 Bandung. Utamanya bagi mereka angkatan tahun 90-an, baik para siswa dan siswi, staf pengajar, maupun para staf sekolah.

Bisa dikatakan, bagi warga SMAN 5 dan SMAN 3 Bandung yang kebetulan berada dalam satu gedung peninggalan Belanda, nama hantu Nancy paling santer terdengar dari tahun ke tahun. Hingga sekarang, nama ini sedikit banyak masih disebut oleh mereka.

Sebagai informasi, dua sekolah itu memang menggunakan bangunan bekas peninggalan Belanda maka jangan heran sekolah ini terkenal angker.

Konon katanya, di sekolah ini sering ada penampakan sosok Noni Belanda yang bernama Nancy itu tadi. Nancy merupakan seorang wanita bule Belanda yang berwajah cantik yang kematiannya menyimpan kisah tragis.

Dari kisah mulut ke mulut, konon Nancy meninggal karena bunuh diri dengan lompat dari tangga dekat aula sekolah.

Ada yang bilang, Nancy bunuh diri karena kala itu hubungan asmaranya tidak direstui orang tua.

Beredar pula cerita berbeda bahwa penyebab meninggalnya Nancy adalah bunuh diri karena diperkosa oleh murid sekolah tersebut.

Konon, Nancy merupakan salah satu siswi tercantik di sekolah itu hingga banyak siswa yang kagum dan jatuh cinta kepadanya.

Dikisahkan, setelah pemerkosaan yang dialaminya, Nancy yang semula periang berubah menjadi gadis pemurung yang sering melamun di sekolah.

Singkat cerita, entah terjatuh atau sengaja bunuh diri, Nancy terjatuh dari jendela tempat dia melamun. Nancy pun tewas.

Cerita tewasnya Nancy itu, sering menjadi bahasan tersendiri dari mulut ke mulut. Secara kebetulan, salah satu jendela di SMAN 5 Bandung yang konon menjadi tempat Nancy sering melamun, tak bisa ditutup hingga sekarang.

Walau bangunan SMAN 5 Bandung tersebut sudah melakukan renovasi beberapa kali dan diganti dengan jendela baru, aneh tapi nyata jendela tersebut tetap terbuka kembali meski udah diganti dan ditutup dengan berbagai cara.

Ada cerita menyeramkan sekitar tahun 1989 silam tentang seorang guru SMAN 5 Bandung yang melihat penampakan Nancy.

Diceritakan, saat hari sudah gelap, si ibu guru masih berada di sekolah untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Nah, ketika Bu Guru menggunakan telepon umum untuk minta dijemput anaknya, muncullah penampakan Nancy. Guru itu pun langsung pingsan saking takutnya melihat kemunculan Nancy.

Ada pula cerita lainnya yang membuat bulu kuduk bergidik.

Awal ceritanya, ada anak-anak yang sedang masuk siang. Karena banyak ruangan kelas lain yang kosong, mereka pun kompak pindah ruangan ke kelas yang ada di lantai atas.

Supaya guru yang akan mengajar nggak kebingungan mencari, ketua kelas pun turun untuk memberi tahu.

Setengah jam berlalu, guru yang ditunggu tak kunjung datang.

Menunggu beberapa saat lagi, kemudian si guru yang ditunggu pun datang dengan wajah merah menahan amarah. Dia datang bersama guru lainnya.

Guru itu pun mendamprat mereka sekelas, karena setengah jam sebelumnya sudah berputar-putar keliling sekolah (termasuk ke lantai atas) untuk mencari mereka dan tak kunjung ketemu. Bahkan, guru itu sampai meminta bantuan guru lain untuk mencari mereka.

Mendengar hal itu, 40 murid di dalam kelas itu langsung kebingungan. Sebab, mereka merasa tidak kemana-mana, dan harusnya tidak sesulit itu menemukan mereka.

Apalagi mereka sadar kalau di dalam kelas murid-murid ributnya minta ampun. Masa iya guru-guru tak bisa mendengar suara mereka? Apakah ini ulah hantu Nancy?

Cerita lainnya, datang dari anak pramuka angkatan 92.

Konon, mereka seringkali meminta bantuan Mang Ucha untuk “mengamankan” Nancy agar tidak mengganggu jalannya kegiatan Pramuka yang bertempat di lantai atas pada malam hari.

Pun begitu juga unit kegiatan lainnya yang sering mengadakan uji keberanian bertajuk “jurit malam.” Nah, di sinilah Mang Ucha berperan.

Dia disebut mampu memindahkan Nancy dari lantai atas ke tempat lain yang relatif lebih aman, yaitu sekitar WC di bagian belakang SMAN 3.

Di sanalah konon Nancy menghabiskan malam dengan menikmati sesajen yang telah disediakan.

Syarat sesajen inilah yang katanya harus dipenuhi. Sebab kalau tidak, Nancy akan berulah dan menampakkan diri.

Dipercayai, ada cara untuk menemui hantu Nancy. Konon, cukup memutari sekolah ini sebanyak tiga kali maka sosok Nancy akan menampakkan diri di salah satu jendela atas yang selalu terbuka. Hiyyy serem juga yah, kamu berani? (DRY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Bekuk Wakil Thailand, Greysia/Apriyani Lolos ke Final Indonesia Open 2021

MATAKOTA, Bali – Ganda putri andalan Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu, berhas…