Ridwansyah Yusuf Achmad resmi mendaftar sebagai salah satu kandidat bakal calon Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Barat, Sabtu (10/7/2021).
Home All News Kantongi 14 Dukungan DPD, Ridwansyah Yusuf Achmad Jadi Kandidat Kuat Ketua KNPI Jabar
All News - Regional - 2021-07-11

Kantongi 14 Dukungan DPD, Ridwansyah Yusuf Achmad Jadi Kandidat Kuat Ketua KNPI Jabar

MATAKOTA, Bandung – Ridwansyah Yusuf Achmad resmi mendaftar sebagai salah satu kandidat bakal calon Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Barat, Sabtu (10/7/2021).

Bertempat di Gedung Pemuda Kertanegara, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Yusuf mengembalikan formulir pendaftaran dan berkas bakal calon ketua DPD KNPI Jabar didampingi Pimpinan Pengurus Wilayah (PW) Satuan Pelajar dan Mahasiswa (Sapma) Pemuda Pancasila dan sejumlah Organisasi Kepemudaan (OKP) lainnya, seperti Koti Mahatidana PP Jabar, Damas Puseur, dan DPD AMPI Jabar.

Pria yang akrab disapa Yusuf itu membawa visi besar, yakni Pemuda Tersenyum Jabar Juara.

Lewat visinya tersebut, dia berharap pemuda Jabar naik kelas. Bukan hanya di tingkat nasional, melainkan juga kancah internasional jika kelak dia terpilih.

“Sejauh ini lancar, saya maju dengan dukungan dari 14 DPD KNPI kabupaten/kota dan 28 dukungan dari OKP se-Jabar,” ucapnya, usai mendaftar.

Yusuf berujar, dengan dukungan yang dikantongi, dirinya optimis bakal lolos tahapan verifikasi hingga maju di ajang Musyawarah Daerah (Musda) XV DPD KNPI Jabar yang rencananya bakal digelar di Kabupaten Garut, 23 Juni 2021 mendatang.

“Setelah verifikasi, tinggal nunggu musda. Insya Allah (optimistis), mohon dukungan, semoga lancar,” tuturnya.

Sambil menunggu pelaksanaan musda, kata Yusuf, dirinya akan terus menyapa seluruh pemilik suara. Dia menyebutkan, dalam Musda XV DPD KNPI Jabar, terdapat 166 pemilik suara yang terdiri atas 139 OKP dan 27 DPD KNPI kabupaten/kota se-Jabar.

“Pertama, saya ingin terus menyapa (pemilik suara), kalau bisa semuanya. Kalau urusan pilihan mah kembali ke masing-masing,” ujarnya.

“Kedua, saya ingin lebih banyak menggali masukan, termasuk jika ada individu maupun SDM yang bagus masuk ke tim nah itu juga mulai saya petakan,” tambah Yusuf.

Disinggung soal peta persaingan, Yusuf menerangkan bahwa terdapat enam kandidat bakal calon ketua DPD KNPI Jabar yang sudah mendaftar, termasuk dirinya. Yusuf menyatakan, meskipun bersaing untuk meraih kursi ketua DPD KNPI Jabar, namun dirinya memandang kelima pesaingnya sebagai kawan tanding.

“Saya sudah komunikasi dengan semua, saya melihatnya sebagai kawan tanding saja. Artinya, bertanding secara sehat, bahagia, kalau bisa bahasanya semua menang. Semua sahabat saya, saya tidak melihat kelimanya sebagai lawan, tapi kawan saja,” ungkap Yusuf.

Terkait visi Pemuda Tersenyum Jabar Juara, Yusuf menjelaskan, dirinya sengaja memilih padanan kata Pemuda Tersenyum yang memiliki makna bahwa pemuda Jabar menjadi pemuda yang bersyukur atas situasi yang dimilikinya.

“Jadi mereka berkecukupan, punya ruang aktualisasi yang nyaman, dan mereka bisa berkontribusi kepada negara, sehingga mereka bahagia dan tersenyum,” terangnya.

Adapun misi yang hendak dicapai, Yusuf memaparkan lima misinya. Pertama, menjadikan KNPI sebagai rumah bagi semua pemuda di Jabar. Kedua, dirinya menginginkan KNPI menjadi sekolah kaderisasi bagi para pemimpin muda.

“Jadi, pemuda-pemuda yang punya potensi kebaikan dan pengen naik kelas di KNPI lah tempatnya, termasuk OKP-OKP di bawahnya, jadi mereka bisa bertambah kapasitasnya,” urai Yusuf.

Misi ketiga, yakni mengkolaborasikan seluruh OKP di Jabar. Yusuf bertekad mengkolaborasikan 139 OKP di Jabar dengan segala potensi yang dimilikinya.

Terakhir, KNPI harus menjadi katalisator baik untuk Indonesia maupun dunia.

“Jabar ini kan penduduknya banyak, punya kampus-kampus top, industri maju juga banyak di Jabar, jadi wajar dong kalau Jabar maju punya impact terhadap dunia,” ucapnya.

Yusuf sendiri selama ini sudah banyak berkiprah di organisasi, mulai dari Presiden KM ITB 2009/2010 hingga Sekjen Perhimpunan Pelajar Indonesia Belanda 2012/2013. (DRY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

5 SMK di Jabar Presentasikan Kesiapan Menjadi BLUD

MATAKOTA, BANDUNG, — Sebanyak 5 sekolah menengah kejuruan (SMK) di Jawa Barat (Jabar…