Home All News Mantan Sekdes Cirende Diduga Terlibat Manipulasi Data Tanah Warga, Yunan: Kita Masih Dalami Unsur Pidananya
All News - Nasional - 2022-05-17

Mantan Sekdes Cirende Diduga Terlibat Manipulasi Data Tanah Warga, Yunan: Kita Masih Dalami Unsur Pidananya

MATAKOTA, Bandung – Oknum Mantan Sekdes Cirende, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Purwakarta, berinisial R, diduga telah memanipulasi 14 objek data tanah milik warga seluas 56, 182 M2.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum LSM Baladhika Adhyaksa Nusantara (LSM BAN) Yunan Buwana, kepada wartawan di Bandung, Selasa 17 Mei 2022.

Yunan bilang, berdasarkan keterangan dari salah seorang ahli waris, oknum R diduga telah memanipulasi data untuk kemudian diperjual belikan tanpa sepengetahuan pemilik yang sah.

“Intinya, kita ada pengaduan masyarakat yang telah dirugikan oleh tindakan mantan Sekdes Cirende inisial R tersebut,” ucapnya.

Dijelaskan Yunan, R diduga telah memanipulasi 14 Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) menjadi atas nama dirinya tanpa sepengetahuan pemilik yang sah.

“Namun perbuatannya itu keburu ketahuan oleh salah seorang ahli waris, kemudian (SPPT) dia balik nama lagi atas nama pemilik. Dari 14 SPPT, masih ada satu nama lagi yang masih atas nama R,” ujarnya.

Menurut Yunan, perbuatan R patut diduga sebagai upaya untuk mengambil alih dan menguasai lahan warga secara sepihak.

“Kami akan pelajari dulu ada tidaknya unsur pidana di situ, sebab kami menduga ada keterlibatan oknum Bapenda Purwakarta di kasus ini. Kan aneh, Bapenda bisa seenaknya gonta-ganti nama SPPT,” katanya.

“Jika ditemukan unsur pidananya, kami akan laporkan ke pihak penegak hukum, khususnya Satgas Mafia Tanah Kejaksaan Agung RI,” tambah Yunan.

Ditegaskan, dalam waktu dekat, LSM BAN akan menurunkan tim investigasi ke lapangan untuk bertemu dan meminta penjelasan dari pihak Bapenda Kabupaten Purwakarta.

“Iya, tim kita akan turun kesana,” sebut Yunan. (DRY).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also

9 Kali Beruntun! Kota Bandung Sabet Juara Umum MTQ Jabar

MATAKOTA, Bandung – Kota Bandung kembali meraih juara umum pada MTQ Jabar ke-37 tahu…