Home All News LSM BAN Bantah Laporan Dugaan Rasuah Oknum DPRD Kota Bandung Terkait Muscab Demokrat
All News - Hukum - 2022-05-19

LSM BAN Bantah Laporan Dugaan Rasuah Oknum DPRD Kota Bandung Terkait Muscab Demokrat

MATAKOTA, Bandung – Ketua Umum LSM Baladhika Adhyaksa Nusantara (LSM BAN) Yunan Buwana, membantah adanya tujuan politik tertentu terkait laporan pengaduan (Lapdu) dugaan korupsi oknum DPRD Kota Bandung ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat.

Sebelumnya, beredar isu bahwa laporan dugaan korupsi oknum DPRD Kota Bandung oleh LSM BAN terkait dengan pelaksanaan Musyawarah Cabang (Muscab) DPC Partai Demokrat Kota Bandung awal bulan Juni mendatang.

“Gak ada kaitannya laporan kami dengan urusan politik, tau juga enggak kapan itu Muscab Demokrat,” ujar Yunan, saat dihubungi via telepon selulernya, Kamis 19 Mei 2022.

Dijelaskan Yunan, pihaknya secara resmi telah melaporkan dugaan korupsi yang dilakukan oknum DPRD Kota Bandung pada anggaran kehumasan atau sosialisasi di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan pengadaan perangkat teknologi digital Tahun Anggaran (TA) 2022.

“Sudah (melapor) pada tanggal 9 Mei kemarin, sekarang sudah dalam tahap telaah bidang intelijen Kejati Jabar. Kita tunggu saja, sekali lagi ini gak ada kaitannya dengan urusan politik. Ini murni soal penegakan hukum,” tegasnya.

Yunan bilang, pihaknya optimis Kejati Jabar akan profesional dalam mengusut kasus dugaan korupsi tersebut. LSM BAN, kata dia, akan mengawal pengusutan kasus dugaan rasuah itu hingga tuntas.

“Yakinlah (Kejati Jabar) akan profesional. Kita pasti kawal itu,” ucapnya.

Sementara itu, jelang pelaksanaan Muscab DPC Partai Demokrat Kota Bandung, dua nama kandidat dikabarkan akan bersaing ketat. Mereka adalah incumbent Entang Suryaman dan Aan Andi Purnama.

Muncul rumor yang memanaskan suhu politik di partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tersebut bahwa pelaporan dugaan korupsi oknum DPRD Kota Bandung oleh LSM BAN ditujukan untuk kampanye hitam terhadap salah satu calon.

Sebagai informasi, baru-baru ini, beredar tangkapan layar percakapan WhatsApp Grup (WAG) yang diduga berisi negative campaign atau kampanye negatif yang diduga menyerang salah satu calon Ketua DPC Partai Demokrat Kota Bandung.

Tangkapan layar percakapan WAG itu salah satunya diunggah oleh akun Instagram @jaringan_pemilih_cerdas, Selasa, 17 Mei 2022.

Dari foto yang diunggah, terlihat tangkapan layar percakapan WAG grup yang berisi 4 chat.

Chat itu penampilkan dua nama, dimana salah satunya mengirimkan link berita media online terkait laporan dari sebuah LSM. Terlihat pula tanggapan atas chat tersebut. (DRY)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also

9 Kali Beruntun! Kota Bandung Sabet Juara Umum MTQ Jabar

MATAKOTA, Bandung – Kota Bandung kembali meraih juara umum pada MTQ Jabar ke-37 tahu…