Ketua Dekopinwil Jabar Nurodi 1
Home All News Dekopinwil Jabar Dorong Rumusan Regenerasi Arah Koperasi
All News - Nasional - 2021-10-07

Dekopinwil Jabar Dorong Rumusan Regenerasi Arah Koperasi

MATAKOTA, Bandung – Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Jawa Barat Nurodi menjelaskan, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dewan Koperasi Indonesia di Surabaya, berlangsung dari 6-8 Oktober 2021.

Rakernas mengusung tema “Revitalisasi Peran Dekopin Mendorong Digitalisasi Koperasi di Masa Pandemi”. Rakernas tersebut bertujuan untuk menyusun rumusan kebijakan untuk kepentingan pengembangan koperasi Indonesia ke depan hingga tahun 2024.

Nurodi berharap, hasil Rakernas dapat dijadikan pijakan dalam menyelesaikan banyak pekerjaan rumah. Terutama, dalam upaya mendorong serta membangun ekosistem digital dalam tubuh koperasi. Termasuk, upaya meregenerasi arah koperasi.

“Dalam mendorong digitalisasi dan membangun ekosistem digital di koperasi, maka meregenerasi arah koperasi diharapkan mampu menciptakan koperasi yang adaptif sesuai dengan kepentingannya,” kata Nurodi, saat dihubungi di sela Rakernas Dekopin, di Surabaya Suites Hotel, Kamis (7/10/2021).

Nurodi menambahkan, Rakernas diikuti oleh 150 peserta dari 29 Dekopinwil dari seluruh provinsi. Selain itu, Rakernas juga diikuti oleh koperasi sekunder serta koperasi besar.

“Poin pentingnya ada pada semangat kemandirian dan gotong-royong yang tercermin dalam suasana yang hikmah dan nyata,” ucap dia.

Nurodi mengatakan, Dekopinwil Jawa Barat (Jabar) mendorong gagasan untuk regenerasi gerakan koperasi dan percepatan adaptasi teknologi bagi koperasi.

Menurut dia, ada reorientasi kebijakan pemerintah dimana nampak nyata lebih fokus ke Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan abai dengan pengembangan koperasi.

Padahal, kata Nurodi, koperasi bisa menghimpun UKM-UKM yang bisa dikembangkan bersama, sehingga koperasi bisa bersaing secara masif dengan perusahaan besar lainnya.

“Gerakan koperasi akan semakin berwibawa bila mulai melakukan pembiayaan organisasinya dengan kekuatan sendiri,” tegasnya. (EDI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Bekuk Wakil Thailand, Greysia/Apriyani Lolos ke Final Indonesia Open 2021

MATAKOTA, Bali – Ganda putri andalan Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu, berhas…