Banjir di kawasan Cipedes Kota Bandung
Home All News Antisipasi Banjir, Pemkot Bandung Percepat Normalisasi Sungai Cipedes
All News - Regional - 3 weeks ago

Antisipasi Banjir, Pemkot Bandung Percepat Normalisasi Sungai Cipedes

MATAKOTA, Bandung – Antisipasi banjir, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung segera memetakan beberapa strategi untuk mengurangi persoalan banjir di anak Sungai Cipedes.

Kata Wakil Wali Kota Yana Mulyana, langkah penanganan akan langsung dilakukan sebelum memasuki musim penghujan tiba.

Yana mengatakan, salah satu langkah yang dilakukan adalah membersihkan aliran sungai dari beragam hambatan, seperti pohon, beton, dan keberadaan utilitas atau kabel yang melintang.

“Hambatan itu yang membuat sampah tersangkut dan menghambat aliran sungai,” ujarnya, saat meninjau Sungai Cipedes, Jalan Sukagalih, Kecamatan Sukajadi, Senin (30 Agustus 2021).

Dalam waktu dekat, kata Yana, ia akan mengundang sejumlah pihak untuk meminta saran terkait sejumlah kabel yang melintang di aliran anak Sungai Cipedes.

Menurutnya, aliran air di sungai tersebut jangan sampai tersumbat karena air akan mudah meluap. Mengingat debit air dari hulu cukup besar.

“Ini problemnya juga memang dari hulunya. Lalu perilaku warga juga soal sampah dan ada beberapa yang membangun di sungai,” katanya.

“Termasuk di sana juga ada utilitas (kabel), tidak tahu punya siapa. Itu ada yang menghambat aliran air,” tambah Yana.

Pemkot Bandung, sambung Yana, sudah membuat kolam retensi di Jalan Bima dan Sirnaraga untuk meminimalisir luapan dari sub-DAS Citepus. Salah satunya yakni anak sungai Cipedes.

Kemudian, Pemkot Bandung juga telah menggencarkan penanganan di bagian hulu. Dia berharap, langkah normalisasi di anak Sungai Cipedes ini, efektif mengurangi luapan air di kawasan Sukajadi.

“Kita juga sudah lakukan treatment dengan kolam retensi dan di hulunya. Faktanya kalau pun hujannya besar, itu (air) lewat saja. Surutnya cepat. Tapi insyaallah, kita coba perbaikan di sini bisa semakin baik,” ujarnya.

Selain itu, Yana mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai. Baik itu sampah rumah tangga berukuran kecil atau besar yang kerap ditemukan menyumbat aliran sungai.

“Karena faktanya, ada sampah-sampah,” tegasnya.

Menindaklanjuti arahan wakil wali kota, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Didi Ruswandi akan langsung memulai pengerjaan di sejumlah titik anak Sungai Cipedes. Minimal di tempat yang mudah dijangkau dan bisa dengan peralatan ringan.

“Itu akan dinormalisasi. Pohonnya yang menghalangi luas penampang basah akan kita tangani. Besok dikerjakan,” tegas Didi. (DRY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

KPK Eksekusi Tomtom dan Kadar Slamet ke LP Sukamiskin

MATAKOTA, Jakarta – Perkara telah berkekuatan hukum tetap, Komisi Pemberantasan Koru…