Makanan khas Bandung Foto Net
Home Berita 15 Destinasi Wisata Kuliner di Bandung Paling Recommended Dikunjungi
Berita - Kronik - 2021-02-21

15 Destinasi Wisata Kuliner di Bandung Paling Recommended Dikunjungi

Bandung, matakota.com — Selain terkenal sebagai pusat mode fashion, Bandung juga terkenal sebagai trendsetter kuliner kekinian.

Terbukti, banyak menu kuliner yang sedang banyak diminati dan hits adalah makanan-makanan yang berasal dari Bandung. Soal kelezatannya, gak usah ditanya loh. Dari wisatawan dosmetik hingga mancanegara, mengakui kelezatan kuliner dari kota yang beken dengan sebutan Parijs Van Java ini.

Jika anda berkesempatan berkunjung ke Bandung, baiknya jangan hanya menu-menu masakannya yang dicoba. Anda juga harus mencoba datang ke beberapa destinasi wisata kuliner berikut ini.

Dijamin, menu beragam dari menu tradisional hingga internasional, akan memanjakan mata dan perut Anda.

Ini dia 20 Destinasi Wisata Kuliner di Bandung yang paling layak anda kunjungi:

1. Rumah Makan Linggarjati

RM Linggarjati Bandung FotoNet
RM Linggarjati Bandung (Foto:Net)

Rumah Makan (RM) ini berdiri sejak tahun 1950. Menu utama andalan, mie yamin dan es alpukat. Porsi penyajian mie disini juga cukup besar dengan proses pembuatan homemade menghasilkan mie yang gurih dan kenyal.

Di RM Linggarjati, anda bisa memilih berbagai isian mie, mulai dari bakso, kikil, babat serta ayam. Kenikmatan mie yamin dan es alpukat di kedai yang terletak di Jl. Balonggede ini begitu terkenal hingga selalu ludes dalam waktu singkat.

Lokasi: Jl. Balonggede No.1, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung.

2. Surabi Waroeng Setiabudhi

Surabi Waroeng Setiabudhi Foto Net
Surabi Waroeng Setiabudhi (Foto: Net)

Sesuai namanya, Waroeng Setiabudhi ini menyajikan menu jajanan tradisional Bandung, surabi. Dilihat dari tampilan etnik dengan desain interior sederhana, membuat tempat ini tampak hangat dan nyaman.

Sedangkan untuk menu yang disajikan tentu saja kue surabi. Yang berbeda adalah beragam varian toping yang bisa anda pilih sesuai selera. Dengan 52 pilihan menu surabi, dijamin akan memuaskan rasa penasaran anda akan cita rasa kue tradisional ini.

Lokasi: Jl. Dr. Setiabudi No.175, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung.

3. Mangkok Manis Dessert

Mangkok Manis Dessert FotoNet
Mangkok Manis Dessert (Foto:Net)

Mangkok Manis Dessert merupakan salah satu tempat makan dengan menu desert yang wajib anda datangi di Bandung. Disini, anda bisa mencoba berbagai jenis desert dengan rasa tradisional dan internasional yang disajikan dengan tampilan cantik.

Harga yang ditawarkan pun tergolong sangat terjangkau. Mulai dari 15-25 ribu rupiah, anda sudah bisa mencicipi satu mangkok hidangan manis yang sangat menggugah selera.

Lokasi: Jl. Cihampelas No.95, Cipaganti, Kec. Coblong, Kota Bandung.

4. Toko Roti Sidodadi

Toko Roti Sidodadi Bandung FotoNet
Toko Roti Sidodadi Bandung (Foto:Net)

Toko Roti Sidodadi ini sudah berdiri sejak tahun 1954. Menu utamanya yakni roti-roti rasa otentik. Total 30 varian rasa yang bisa Anda pilih dengan harga sangat terjangkau, mulai dari 3000 rupiah per buah.

Kesan otentik bahkan sudah terasa sejak pertama kali masuk. Dilihat dari tampilan toko roti yang sangat sederhana. Kesan otentik itu juga bisa dilihat dari cara pengemasan yang menggunakan kemasan lawas lengkap dengan font tulisan jadulnya.

Soal cita rasa, hemmm gak usah diragukan lagi.

Lokasi: Jl. Otto Iskandar Dinata No.255, Karanganyar, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung.

5. Es Duren Pak Aip

Es Durian Pak Aip Bandung FotoNet
Es Durian Pak Aip Bandung (Foto:Net)

Anda penyuka buah durian? Jika iya, tentu jangan melewatkan waktu untuk singgah di tempat ini. Lokasinya cukup strategis, di Jl. Tubagus Ismail Raya (Dago) Bandung.

Berbagai varian es durian bisa anda coba disini. Tempat yang sudah berdiri sejak tahun 1987 ini, akan memuaskan selera makan durian anda dengan ragam olahan minuman dari durian aslinya.

Lokasi: Jl. Tubagus Ismail Raya No. 5G, Sekeloa, Kec. Coblong, Kota Bandung.

6. Warung Bu Eha

Warung Bu Eha adalah warung masakan Sunda legendaris di Bandung. Dengan beragam menu mulai dari pepesan, soto, urap dan berbagai olahan ikan, menjadikan warung ini banyak dicari oleh wisatawan.

Di warung legendaris ini, anda bisa merasakan menu masakan Sunda yang otentik dengan resep kelezatan cita rasa turun temurun. Harganya pun cukup terjangkau, tidak akan membuat dompet anda terkuras.

Lokasi: Pasar Cihapit, Jl. Cihapit No.8A, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

7. Nasi Cikur Warung Inul

Menu nasi cikur Warung Inul Bandung FotoNet
Menu nasi cikur Warung Inul Bandung (Foto:Net)

Jika anda yang ingin mencicipi kelezatan masakan khas Sunda, tempat ini salah satu yang harus masuk dalam daftar kunjungan. Warung yang terletak di kawasan Dago ini, secara khusus menyediakan menu nasi cikur.

Nasi cikur sendiri dibuat dengan cara digoreng dengan campuran kencur muda. Kombinasi rasa renyah dengan rasa gurih dari telur dadar, serundeng, daging ayam dan acar membuat makanan ini sangat istimewa.

Lokasi: Jl. Dago Pakar Barat No.99, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

8. Paskal Food Market

Paskal Food Market Bandung FotoNet
Paskal Food Market Bandung (Foto:Net)

Paskal Food Market merupakan tempat kuliner paling besar di Bandung. Tempat wisata kuliner paling hits yang tidak pernah sepi pengunjung.

Anda bisa menikmati beragam menu makanan di Paskal Food Market ini. Mulai dari jajanan, makanan berat hingga menu internasional. Dengan modal mulai dari Rp 25.000, anda bisa mencicipi lebih dari 100 menu yang disediakan disini.

Lokasi: Jl. Pasir Kaliki No.25-27, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung.

9. Kampung Daun Bandung

Kampung Daun Bandung FotoNet
Kampung Daun Bandung (Foto:Net)

Siapa yang tidak tertarik dengan tempat makan yang menawarkan menu makanan lezat plus tempat yang nyaman dan asri? Inilah yang bisa anda rasakan saat berkunjung ke Kampung Daun Bandung.

Menu utama yang disajikan disini adalah menu masakan khas Sunda. Namun ada juga beberapa menu masakan tradisional dari daerah lain seperti Nasi Liwet Solo, Soto Betawi dan Soto Kudus.

Lokasi: Perumahan Villa Triniti Blok RR1 Jl. Sersan Bajuri No.88 Km.4,7, Cihideung, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat.

10. Angkringan De BlankON

Tempat wisata kuliner yang berada di kawasan Lembang ini adalah tempat yang saat ini sedang hits di kalangan anak muda. Lokasinya di kawasan pegunungan dengan konsep tempat instagramable, menjadi daya tarik utama tempat ini.

Belum lagi menu makanan yang bervariasi dan harga yang terjangkau menjadi faktor lain yang menjadi daya tarik Angkringan de BlankON. Karena konsep tempat makan angkringan, maka tempat ini lebih sering dikunjungi sebagai tempat nongkrong anak muda Bandung.

Lokasi: Jl. Baru Laksana No. 75, Pagerwangi, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

11. Nasi Kalong Bandung

Nasi Kalong Bandung FotoNet
Nasi Kalong Bandung (Foto:Net)

Lapar di tengah malam? Tak perlu khawatir, nasi kalong bisa menjadi pilihan santap malam Anda. Sesuai namanya, tempat ini memang hanya buka di malam hari mulai pukul 19.00 WIB.

Tak hanya karena jam buka, menu yang disajikan juga ada kaitannya dengan namanya. Hal ini tak lain karena nasi yang disajikan berwarna hitam seperti warna kelelawar. Lauknya bisa Anda pilih sendiri sesuai selera.

12. Iga Bakar Si Jangkung

Iga Bakar Si Jangkung Bandung FotoNet
Iga Bakar Si Jangkung Bandung (Foto:Net)

Jika anda penggemar makanan olahan dari iga, wajib mencicipi menu-menu di warung Iga Bakar Si Jangkung ini. Disebut demikian karena memang postur tinggi dari pemiliknya.

Rasanya yang nikmat, tekstur yang lembut dan daging yang empuk, membuat siapa saja rela antri untuk bisa makan di sini. Meskipun berbentuk warung tenda, namun tetap tidak mengurangi kenyamanannya.

Lokasi: Jl. Cipaganti No.75G, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung.

13. Warung Sitinggil

Warung Sitinggil Bandung FotoNet
Warung Sitinggil Bandung (Foto:Net)

Jika anda sedang mencari tempat makan dengan konsep unik, bisa coba datang kesini. Letaknya di kawasan Dago, dengan tema etnik serta menggunakan atap berbentuk menyerupai badak yang menguap.

Tak hanya konsep unik yang ditawarkan, warung ini juga menawarkan berbagai jenis menu masakan, dari masakan tradisional hingga internasional. Lokasinya yang berada di dataran tinggi membuat makan disini terasa sangat nyaman dan damai.

Lokasi: Jl. Dago Giri No. 90, Mekarwangi, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

14. Batagor Hanjuang

Batagor Hanjuang Bandung FotoNet
Batagor Hanjuang Bandung (Foto:Net)

Tentu bisa dibilang belum lengkap ke Bandung jika belum mencicipi makanan khasnya, batagor. Salah satu batagor paling enak di Bandung adalah di Batagor Hanjuang ini.

Tempatnya memang kaki lima, namuj kualitas dan rasa batagornya tak perlu diragukan. Batagor Hanjuang ini bahkan sudah ada sejak tahun 1990.

Lokasi: Jl. Astina No.17, Pamoyanan, Kec. Cicendo, Kota Bandung.

15. Yoghurt Cisangkuy

Yoghurt Cisangkuy Bandung FotoNet
Yoghurt Cisangkuy Bandung (Foto:Net)

Kalau anda menggemari berbagai olahan susu, terutama yoghurt, tempat ini bisa menjadi destinasi yang tepat. Menu utama disini adalah minuman yang memiliki rasa unik dan segar.

Lokasinya yang cukup strategis, menjadi alasan banyaknya wisatawan yang datang kesini.

Lokasi: Jl. Cisangkuy No.66, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung. (DRY)

BACA JUGA: Mau Liburan ke Bandung? Ini 10 Tempat Wisata Paling Recommended Untuk Dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

5 SMK di Jabar Presentasikan Kesiapan Menjadi BLUD

MATAKOTA, BANDUNG, — Sebanyak 5 sekolah menengah kejuruan (SMK) di Jawa Barat (Jabar…