Hilman Hidayat terpilih sebagai Ketua PWI Jabar periode 2021-2026
Home All News Wilujeung! Hilman Hidayat Pimpin PWI Jabar 2021-2026
All News - Nasional - 2021-08-20

Wilujeung! Hilman Hidayat Pimpin PWI Jabar 2021-2026

MATAKOTA, Bandung – Wilujeung! Hilman Hidayat resmi terpilih sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Barat (Jabar) periode 2021-2026.

Hilman Hidayat terpilih secara aklamasi dalam Konferensi Provinsi (Konferprov) PWI Jabar, Rabu (18/8/2021). Konferprov PWI Jabar berlangsung secara hybrid dengan mengikuti protokol kesehatan (prokes) ketat.

Hilman Hidayat dinyatakan sebagai ketua terpilih usai menyampaikan laporan pertanggungjawaban (LPJ) 2016-2021.

Selain itu, Konferprov PWI Jabar juga melahirkan keterpilihan Oland Sibarani sebagai Ketua Dewan Kehormatan Pengurus PWI Jabar 2021-2026. Oland terpilih setelah menyisihkan kompetitornya, Dedy Suhaeri.

Sebagai informasi, Konferprov kali ini mengangkat tema ‘Pers Merdeka Wartawan Kompeten’. Mengingat berlakunya PPKM, maka jumlah peserta yang hadir sangat dibatasi sesuai ketentuan prokes COVID-19.

Peserta yang hadir merupakan para pembawa mandat dari mayoritas anggota PWI di daerahnya. Mayoritas peserta Konferprov PWI Jabar hanya mengikuti secara virtual via aplikasi zoom.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Umum PWI Atal S Depari, Sekjen PWI Pusat Mirza Zulhadi, dan Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat Zulkifli Gani Ottoh. Sementara Gubernur Jabar Ridwan Kamil turut memberikan sambutan secara virtual dalam ajang tersebut.

Ketua Panitia Konferprov PWI Jabar H Agus Dinar mengatakan, Konferprov kali ini sedikit berbeda dengan sebelumnya, karena harus mengikuti ketentuan yang disyaratkan Satgas Penanganan COVID-19 dan imbauan PWI Pusat. Meski demikian, kata dia, tidak mengurangi antusiame para peserta.

‘’Alhamdulillah, kegiatan berlangsung lancar dan kondusif,’’ ujar Agus usai mengakhiri kegiatan Konferprov PWI Jabar, Kamis (19/8).

Dia berujar, peserta Konferprov menerima seluruh hasil yang dilahirkan dari kegiatan Konferprov PWI Jabar.

Agus pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan Konferprov PWI Jabar.

Pihaknya juga mengapresiasi para sponsor yang selalu memberi kepercayaan pada kegiatan organiasi profesi wartawan. Di antaranya Bank BJB, Bank BJB Syariah, PT Pos Indonesia, Summarrecon Bandung, BRI, PT Telkom Indonesia, LPS, PT Energy Geothetmal, Pupuk Kujang, dan PT Geo Dipa Energy.

Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari yang mengikuti acara sejak pembukaan hingga penutupan, mengaku bangga dengan kegiatan yang diselenggarakan PWI Provinsi Jabar. Menurut dia, Konferprov PWI Jabar berjalan dengan santun, damai, dan penuh kegembiraan.

‘’Saya menghitung, hanya butuh waktu 8 jam 15 menit untuk menuntaskan Konferprov PWI Jabar. Di daerah lain, ada yang dari pagi sampai ketemu pagi. PWI Jabar ini patut dicontoh,’’ katanya.

Atal mengatakan, agenda konferensi saat ini menjadi sangat penting, karena menghadapi situasi yang penuh tantangan bagi organisasi.

Kemajuan teknologi digital menuntut seluruh anggota PWI dan media massa konvensional untuk mampu beradaptasi. Menurutnya, PWI berkewajiban meningkatkan kompetensi dan profesionalisme anggotanya (wartawan).

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, sangat penting bagi PWI untuk terus beradaptasi dengan pesatnya perkembangan teknologi.

“Digitaliasi telah membuat warga semakin mudah mendapatkan beragam informasi, dan semakin memahami akan pentingnya informasi,” kata Ridwan Kamil.

Menurut dia, sebagai organisasi profesi, PWI Jabar selama ini terbukti turut berperan dalam penyebarluasan informasi ke masyarakat, tidak hanya di Jabar namun juga ke skala internasional.

“Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya pada PWI Jawa Barat sebagai garda terdepan dalam menyebarkan informasi, lokal, nasional hingga internasional,’’ ucapnya. (DRY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

KPK Eksekusi Tomtom dan Kadar Slamet ke LP Sukamiskin

MATAKOTA, Jakarta – Perkara telah berkekuatan hukum tetap, Komisi Pemberantasan Koru…