Ilustrasi Niqab
Home All News Taliban Wajibkan Mahasiswi Pakai Niqab! Ini Bedanya Dengan Burqa dan Hijab
All News - Kronik - 3 weeks ago

Taliban Wajibkan Mahasiswi Pakai Niqab! Ini Bedanya Dengan Burqa dan Hijab

MATAKOTA, Bandung – Taliban mulai menunjukkan aturan baru mereka dengan mewajibkan mahasiswi yang kuliah di universitas swasta di Afghanistan harus mengenakan jubah abaya dan niqab yang menutupi sebagian besar wajah.

Dilansir AFP, aturan ini termaktub dalam dekrit yang dirilis otoritas pendidikan Taliban pada Minggu (5/9/2021).

Dalam dekrit itu, Taliban juga mewajibkan pemisahan antara siswa perempuan dan laki-laki. Jam belajar perempuan pun harus selesai lima menit sebelum laki-laki demi menghindari pertemuan keduanya.

Apa itu niqab? Apa bedanya dengan hijab atau burqa?

Diketahui, banyak sekali wanita muslim di dunia yang berjilbab dengan berbagai macam model. Ada pula yang sudah menutup seluruh auratnya termasuk dengan menggunakan niqab atau cadar.

Niqab atau yang lebih dikenal dengan cadar adalah kain yang menutupi bagian hidung hingga mulut dan hanya memperlihatkan bagian mata dan dahi saja. Namun, tak sedikit dari pemakaiannya yang menutupi dahi dan hanya memperlihatkan bagian mata saja.

Banyak dari mereka yang bercadar menggunakan sarung tangan, tetapi sering kali juga mereka tidak menggunakannya. Banyak dari mereka yang mempercayai bahwa menggunakan cadar, perlu menutupi bagian tangan.

Ilustrasi Niqab
Ilustrasi niqab (Twitter)

Berbeda dengan niqab, hijab merupakan istilah bagi perempuan Muslim yang berbusana modis. Scarf jenis ini dipakai untuk menutupi kepala dan leher, namun membiarkan bagian wajah terbuka.

Tanggal 1 Februari merupakan Hari Hijab Sedunia, dimana banyak orang dari agama selain Islam memakai hijab untuk menunjukan solidaritas bagi kaum Muslim. Hari ini bertujuan untuk menciptakan dunia yang lebih damai dimana orang-orang saling menghormati satu sama lain.

Hari Hijab Sedunia juga berfokus dalam melawan fanatisme, diskriminasi, dan prasangka terhadap wanita Muslim.

Hijab
Hijab (pixabay.com) 

Berbeda dengan niqab dan hijab, burqa merupakan pakaian islami yang paling banyak menutupi bagian tubuh, mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Wajah wanita dengan memakai burqa akan benar-benar ditutupi, mereka hanya melihat melalui jaring-jaring tipis yang menutupi wajahnya. Jaring ini membuat pemakainya dapat melihat, namun mata mereka tetap tertutupi dari orang lain yang melihatnya.

Saat berkuasa dekade 1995-2001, Taliban mewajibkan wanita Afghanistan memakai burqa saat ke luar rumah. (DRY)

Burqa
Burqa (Foto: Twitter)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

KPK Eksekusi Tomtom dan Kadar Slamet ke LP Sukamiskin

MATAKOTA, Jakarta – Perkara telah berkekuatan hukum tetap, Komisi Pemberantasan Koru…