Home All News Ratusan Massa Geruduk Kantor Wali Kota Bandung, Minta Bangunan Hotel Moxy Dibongkar
All News - Nasional - 2022-06-16

Ratusan Massa Geruduk Kantor Wali Kota Bandung, Minta Bangunan Hotel Moxy Dibongkar

MATAKOTA, Bandung – Ratusan massa Ormas Manggala Garuda Putih (MGP) menggeruduk Kantor Wali Kota Bandung di Jalan Wastukencana, Kamis 16 Juni 2022.

Massa menggelar aksi unjuk rasa mulai pukul 9.30 WIB. Massa menuding Pemkot Bandung telah melakukan pembiaran terhadap pelanggaran Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang dilakukan pemilik Hotel Moxy di Jalan Ir H Djuanda 69, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung.

Koordinator aksi, Agus Satria menyatakan jangan sampai rusaknya tata ruang Kota Bandung karena ada peluang korupsi gaya baru dengan dalih diskresi IMB.

Menurutnya, dugaan pelanggaran IMB itu terjadi sejak tahun 2016 saat Wali Kota Bandung dijabat Ridwan Kamil.

Terkait itu, Agus Satria mendesak agar Wali Kota Bandung Yana Mulyana segera mungkin memerintahkan aparat terkait untuk membongkar dan mencabut izin operasional hotel tersebut.

“Jangan sampai kami menilai bahwa Pemerintah Kota Bandung melanggar aturan yang telah dibuatnya,” kata dia.

Pantauan di lapangan, setelah berorasi di Pemkot Bandung, massa Manggala Garuda Putih bergerak menuju Hotel Moxy. Di depan halaman hotel, tampak beberapa pengurus dan pekerja hotel hadir menyaksikan orasi massa.

Agus Satria, hanya sedikit berorasi, dan menyampaikan bahwa hotel tersebut salah satu pelanggar tata ruang Kota Bandung dari tahun 2016 sampai sekarang.

Akan tetapi ada aturan baru yakni PP 21 tahun 2020 tentang penghapusan sanksi denda, jadi Kota Bandung sudah bisa menerapkan denda dan harus di lakukan pembongkaran.

“Yang di ketahui hotel itu tetap aman beroperasional, sudah membuktikan Pemkot Bandung tak mampu mengurus tata ruang, maka kami menyerukan harus dilawan oleh masyarakat,” ujarnya.

Sebagai informasi, pada pertengahan Januari 2022 lalu, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung kembali menyegel Hotel Moxy yang terbukti melanggar batas kapasitas ruangan maksimal. Ini merupakan penyegelan kedua setelah tahun 2016 dengan pelanggaran yang sejenis. (DRY)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also

Tedy: Nikmat Kemerdekaan Iringi Kebangkitan Pembangunan Bangsa

MATAKOTA, Bandung – Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan, mengikuti Upacara Peringa…