Ilustrasi teror
Home All News Polisi Ringkus Terduga Teroris di Petamburan, Denny: Sisa Jaringan Rizieq-Munarman?
All News - Nasional - 2 weeks ago

Polisi Ringkus Terduga Teroris di Petamburan, Denny: Sisa Jaringan Rizieq-Munarman?

MATAKOTA, Jakarta – Pegiat media sosial Denny Siregar merespon penangkapan seorang terduga teroris di wilayah Grogol Petamburan, Jumat 10 September 2021.

“Eh, Petamburan ?? Apakah sisa jaringan bibib dan munarman ??” tulisnya di media sosial Twitter.

Bibib yang dimaksud Denny merujuk pada sosok Rizieq Shihab, sedangkan Munarwan merupakan tersangka kasus terorisme. Keduanya merupakan mantan pentolan ormas terlarang FPI yang bermarkas di Petamburan Jakarta Barat.

Diketahui, Densus 88 Antiteror Polri berhasil menangkap seorang terduga teroris berinisial SH di wilayah Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Jumat (10/9/2021). Dalam penangkapan itu, aparat menyita sejumlah buku.

Diungkap Ketua RW 07 Kelurahan Wijaya Kesuma Dwi Purwono, saat penggerebekan petugas mengamankan buku mengenai jihad dan teroris dari lokasi penangkapan tersebut.

“Ya macam-macam (bukunya), masalah agama, masalah perang jihad, masalah teroris segala macem pokoknya. Semua yang ada di sana buku diangkut. Ditemukan juga ya apa namanya samurai juga di sana,” kata Dwi Purwono, dilansir antara.

Ia menyebut, puluhan buku itu ikut dibawa oleh petugas kepolisian. Sementara, sebilah samurai tidak dibawa.

Dwi mengatakan, saat petugas kepolisian melakukan penggerebekan, SH tampak terkejut lantaran saat itu tengah bersantai dengan keluarganya.

Kendati demikian, lanjut Dwi, SH dan keluarga terlihat kooperatif saat pihak kepolisian datang melakukan penggerebekan dan membawa SH ke Polda Metro Jaya.

“Artinya menerima walaupun tidak tahu nanti prosesnya seperti apa. Intinya dari pihak yang bersangkutan menyerahkan diri,” ucapnya.

Menurut Dwi, SH tinggal bersama istri sejak lima tahun silam. Ia mengaku tak ada gerak-gerik yang mencurigakan dari SH. “Pelaku sebenernya di lingkungan biasa aja. Beliau ini guru ngaji ya,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Densus 88 Antiteror Mabes Polri menangkap tiga terduga teroris di wilayah Bekasi Utara, Jawa Barat, dan Jakarta Barat, Jumat (10/9/2021).

Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Ahmad Ramdahan mengatakan, inisial ketiga orang terduga teroris itu yakni MEK, S dan SH.

MEK dan S diringkus di wilayah Harapan Jaya, Bekasi Utara. Sementara SH, ditangkap di Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat

Ia menyebut tiga orang terduga teroris ini merupakan kelompok jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI).

“SH merupakan anggota dewan syuro JI,” ucapnya.

Kendati demikian, Ramadhan tak menjelaskan rinci kronologis penangkapan para terduga teroris itu. Ia mengatakan, pihak Densus 88 saat ini masih melakukan pengembangan.

“Nanti diupdate,” tegas dia. (DRY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

KPK Eksekusi Tomtom dan Kadar Slamet ke LP Sukamiskin

MATAKOTA, Jakarta – Perkara telah berkekuatan hukum tetap, Komisi Pemberantasan Koru…