Home Regional Peringati BLA, Wali Kota Bandung Ajak Masyarakat Semangat Lawan Pandemi
Regional - 2021-03-23

Peringati BLA, Wali Kota Bandung Ajak Masyarakat Semangat Lawan Pandemi

MATAKOTA, Bandung – Peringati peristiwa Bandung Lautan Api (BLA) tahun 2021 ini, Wali Kota Bandung Oded M Danial mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk kembali menggelorakan semangat perjuangan dalam peristiwa 75 tahun silam. Namun, kali ini perjuangan masyarakat yakni melawan pandemi Covid-19.

Menurutnya, momentum Bandung Lautan Api yang kerap diperingati setiap 24 Maret memiliki makna tidak hanya sebatas pengorbanan semata. Namun, turut serta memberikan gambaran perihal kekompakan masyarakat Kota Bandung dalam menghadapi persoalan.

“Kita harus belajar dari mereka (pahlawan), pertama mereka memiliki soliditas, guyub dan kompak luar biasa. Bahkan sampai mereka rela mengambil sebuah keputusan harta mereka harus dibakar,” ucap Oded usai berziarah di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Selasa (23/03/2021)

Oded berujar, kerja sama yang solid itu bisa menjadi inspirasi masyarakat Kota Bandung dalam menghadapi kondisi terkini.

Kata dia, kolaborasi masyarakat menjadi kunci penting dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Hari ini, mari jadikan keteladanan buat kita. Mari guyub kita bangun kolaborasi menghadapi pandemi Covid-19. Saya yakin dengan semangat pengorbanan mereka, pandemi ini akan cepat hilang,” ujarnya.

Guna memperingati peristiwa Bandung Lautan Api, Oded bersama rombongan perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) berziarah ke Taman Makam Pahlawan Cikutra.

Setelah diawali oleh upacara penghormatan dan mengheningkan cipta, acara lalu dilanjutkan dengan tabur bunga.

Selain makam para pahlawan peristiwa BLA, rombongan peziarah juga turut menabur bunga di makam mantan Wali Kota Bandung, Hussein Wangsa Atmaja dan Otje Djundjunan.

Lalu ke makam Aang Kunaefi dan Yogie S. M. serta tak ketinggalan makam Dr. Setiabudhi serta sejumlah tokoh lainnya.

“Pada saat tabur bunga perasaan saya menerawang bagaimana 75 tahun lalu bangsa Indonesia khususnya warga Bandung dalam rangka mempertahankan NKRI. Mempertahankan hasil sebuah kemerdekaan ketika terjadi ada invasi kembali untuk merebut wilayah Bandung,” kata Oded. (DRY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Setwan DPRD Kota Gelar WORKSHOP Bersama Para Jurnalis

Matakota || Jakarta — DPRD Kota Bandung Menggelar Acara  WORKSHOP Wartawan Di Lingku…