Ilustrasi terorisme
Home All News Pengamat: Polri Harus Segera Blokir Ceramah Teroris Abu Rusydan di Situs dan Portal
All News - Nasional - 2 weeks ago

Pengamat: Polri Harus Segera Blokir Ceramah Teroris Abu Rusydan di Situs dan Portal

MATAKOTA, Jakarta – Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri telah menangkap terduga teroris Thoriqudin (T) alias Abu Rusydan (AR) di Bekasi, Jawa Barat. Abu Rusydan dinilai sebagai tokoh penting di kelompoknya.

“Kalau betul T alias AR yang ditangkap polisi adalah Abu Rusydan berarti itu penangkapan yang sangat serius. Ini figur yang sangat terkenal di kelompoknya,” ujar pengamat terorisme dari Universitas Indonesia (UI) Ridlwan Habib dalam keterangan tertulis, Minggu, 12 September 2021.

Menurut Ridlwan, Abu Rusydan adalah alumni pelatihan militer Mujahidin Afghanistan angkatan kedua tahun 1990. Bahkan Abu berlatih militer di Camp Sadda Pakistan dan sempat berinteraksi langsung dengan Osama Bin Laden.

Ridlwan mengatakan, Setelah peristiwa Bom Bali I tahun 2002, Abu Rusydan ditangkap polisi dengan dakwaan menyembunyikan tersangka Mukhlas. “Setelah bebas, Abu Rusydan berdakwah keliling Indonesia dan sangat populer di YouTube,” kata Ridlwan.

Dia pun mengingatkan aparat keamanan agar memperkuat penjagaan dan lebih waspada. Meski kelompok neo Jamaah Islamiyah tidak pernah menyerang sejak 2009, kata Ridlwan, mereka masih memiliki orang militan yang punya keahlian berbahaya.

Ridlwan meminta Polri segera memblokir situs dan portal yang masih memuat ceramah-ceramah Abu Rusydan.

Menurutnya, penangkapan Abu Rusydan, membuktikan bahwa deradikalisasi belum sukses mengubah orang.

“Selama belasan tahun Abu Rusydan bebas tanpa ada keberhasilan pemerintah menundukkan ideologinya,” tegas Ridlwan. (DRY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

KPK Eksekusi Tomtom dan Kadar Slamet ke LP Sukamiskin

MATAKOTA, Jakarta – Perkara telah berkekuatan hukum tetap, Komisi Pemberantasan Koru…