Iskandar Zulkarnaen
Home All News MGP Kritik Pembentukan Tim Verifikasi Pajak Bapenda Kota Bandung
All News - Nasional - 2022-03-21

MGP Kritik Pembentukan Tim Verifikasi Pajak Bapenda Kota Bandung

MATAKOTA, Bandung – Kepala Biro Investigasi DPP Manggala Garuda Putih (MGP) Agus Satria, angkat bicara terkait keluhan sejumlah wajib pajak (WP) di Kota Bandung yang mempertanyakan langkah Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bandung menerjunkan tim verifikasi dan pemeriksaan WP hotel, restoran, hiburan, dan parkir.

Menurut Agus, adalah wajar jika masyarakat mengkritisi langkah Bapenda Kota Bandung menerjunkan tim verifikasi pajak tersebut. Pasalnya, untuk pemeriksaan terhadap WP, lazimnya dilakukan oleh Bidang Pengendalian bukan oleh Bidang Pajak.

“WP kan pasti mengetahui siapa-siapa saja staf verifikasi pajak, kalau sekarang tiba-tiba didatangi oleh orang lain untuk memeriksa, yah wajar mereka menduga yang bukan-bukan,” ujarnya, di Bandung, Senin 21 Maret 2022.

Dijelaskan Agus, lazimnya verifikasi pajak dilakukan oleh Bidang Pengendalian Bapenda Kota Bandung berdasarkan usulan dari Bidang Pajak atau berdasarkan analisa terhadap pembayaran WP yang dianggap tidak sesuai potensi.

Menurutnya, jika melihat dari surat perintah yg dikeluarkan saat ini oleh Kepala Bapenda Kota Bandung Iskandar Zulkarnain, anggota tim verifikasi berasal dari staf di Bidang Pajak.

“Jangan-jangan tim verifikasi itu mendatangi WP untuk bargaining tambahan non teknis yang ujung-ujungnya untuk kebutuhan pribadi,” ucap Agus.

Dia mengatakan, idealnya Bapenda Kota Bandung mematangkan strategi mengamankan target penerimaan, alih-alih membentuk tim verifikasi. Pasalnya, berdasarkan temuan di lapangan, masih banyak ditemukan potential loss akibat permainan petugas dan WP nakal yang mengakali besaran potensi pajak.

“Bukan rahasia umum adanya dana koordinasi dari WP kepada petugas untuk mengakali besaran potensi pajak yang sesungguhnya. Saya belum melihat adanya kebijakan Kepala Bapenda (Iskandar Zulkarnain) untuk membenahi hal tersebut,” tutur Agus.

Sebelumnya, sejumlah wajib pajak (WP) mempertanyakan langkah Bapenda Kota Bandung menerjunkan tim verifikasi dan pemeriksaan WP hotel, restoran, hiburan, dan parkir.

Pasalnya, ada beberapa kejanggalan yang dirasakan para WP saat menerima surat verifikasi. Salah satunya dialami oleh sumber yang enggan disebutkan identitasnya.

Sumber tersebut, mengaku tiba-tiba mendapatkan surat untuk dilakukan pemeriksaan pajak oleh tim dari Pemkot Bandung. Padahal, selama ini, dia yang mengelola resto di Bandung rutin membayar pajak dan tak pernah ada tunggakan.

Dia menuturkan menerima surat yang ditandatangani oleh pejabat di Bapenda Kota Bandung pada awal bulan Maret 2022. Surat tersebut berisi terkait akan adanya verifikasi terhadap WP.

“Saya tanya, kok ini ada yang ganjil. Surat ditandatangani kepala tapi di bawahnya tidak ada penunjukkan kepala bidang dan kepala sub bidang. Tidak ada di suratnya dicantumkan,” ucap sumber, via sambungan telepon, Senin (21/3/2022).

Dia mengaku sudah lama menjadi WP di Kota Bandung. Tentunya, dia mengenal siapa saja tim pemeriksa yang biasanya melakukan pemeriksaan.

“Saya ini WP lama, saya tahu banget tim pemeriksa siapa, nah ini yang ada di tim ternyata bukan tim pemeriksa yang sah, jadi saya tanya, katanya ini tim bentukan khusus,” tutur dia.

Diungkap sumber, pihaknya bukannya menolak ada pemeriksaan verifikasi WP. Hanya saja, dia mempertanyakan petugas yang menjadi tim pemeriksa. Terlebih, sektor usaha saat ini tengah merangkak naik imbas diterpa pandemi COVID-19.

“Saya sempat mempermasalahkan kondisi covid gini, kan memang pengusaha lagi drop dan mulai bangkit lagi lah sudah dua tahun agak berdarah segi keuangan,” ujarnya.

“Sektor pajak memang kita dapat relaksasi dari negara. Banyak hal lah dapat relaksasi. Yang saya pertanyakan, kok ini tidak ke arah sana, kondisi pemulihan seperti ini sudah bangkit lagi yang digalakan justru verifikasi,” imbuh dia.

Sumber sempat mempertanyakan terkait tujuan dari verifikasi ini. Jawaban yang dia terima, petugas melakukan pemeriksaan untuk mengecek pajak tak wajar. (DRY)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also

Sempat Terpuruk, Toko Oleh-Oleh Haji dan Umrah Kembali Menggeliat

MATAKOTA, Bandung – Pemberangkatan jemaah haji Indonesia yang sempat ditutup sampai …