Kenapa Kita Harus Menggunakan Lampu LED Memang Apa Saja Keunggulannya
Home All News Kenapa Kita Harus Menggunakan Lampu LED?
All News - Kronik - 2021-09-21

Kenapa Kita Harus Menggunakan Lampu LED?

Memang Apa Saja Keunggulannya?

MATAKOTA, — Lampu LED merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi dalam kehidupan, dimana dulu sekarang-orang lebih banyak menggunakan lilin atau pelita untuk pencahayaan. Namun, disamping itu, memangnya apa manfaat lain dari penggunaan lampu dengan jenis LED ini?

1. Lampu LED Berumur Panjang Alias Awet dan Tahan Lama

LED merupakan lampu yang dinilai lebih tahan lama dibandingkan jenis lampu lainnya sebab teknologi yang telah disempurnakan dan penangkal panas di dalamnya. Belum lagi dengan cahayanya yang terang dan sangat bagus untuk menjadi pencahayaan di berbagai ruangan.

Kekuatan dari lampu LED sendiri dapat tahan selama 2-4 kali lebih lama daripada lampu yang berasal dari jenis lainnya dalam penggunaan normalnya sendiri. Dengan begitu, ketahanan dari LED bisa mencapai 50.000-100.000 jam, tahan lama, ‘kan?

2. Penggunaan Lampu LED Tidak Boros Listrik

Akan tetapi, keefisienan dalam penggunaannya tetap stabil, yakni lebih hemat listrik sebanyak 60%-70% daripada lampu jenis lainnya. Bahkan lampu jenis ini pun banyak digunakan pada speedometer kendaraan sebab tidak akan menghabiskan aki mobil atau motor Anda karena memang hemat.

3. Ramah Lingkungan dan Baik Bagi Kesehatan Manusia

Anda dapat dengan tenang menggunakan lampu jenis ini, akan tetapi jangan lupa jika lampu burus dimanfaatkan sesuai porsinya. Maksudnya adalah gunakan lampu ketika Anda benar-benar memerlukannya, jangan semena-mena meski sudah tahu LED lebih hemat.

4. Lampu LED Banyak Variannya

Lampu LED memiliki banyak varian baik dari segi bentuk maupun ukuran bahkan dari karakteristik. Contohnya untuk lampu jenis LED portable yang dihargai sekitar Rp50 ribuan sampai Rp100 ribuan, bentuknya panjang dan kefol, memiliki holdernya sendiri dan serbaguna.

Ada juga lampu jenis LED yang panjang, biasanya digunakan di Mushola, minimarket, teras rumah, atau pada beberapa area yang membutuhkan penerangan ekstra. Ada pula lampu jenis LED yang berbentuk lampu disko beraneka warna yang estetik, pasti Anda akan menemukannya di beberapa tempat spot foto dengan tema estetik.

Di samping itu, warna dari lampu jenis LED ini pun telah dikembangkan jadi beberapa warna, seperti merah, hijau, bahkan ada yang berwarna biru.

5. Fleksibel dalam Hal Desainnya

Lampu jenis LED sangat fleksibel dan praktis, terutama dalam hal ukurannya yang sedang. Pasti Anda juga sering melihat bukan bahwa lampu pijar menggunakan lampu jenis LED di tengahnya?

Hal tersebut tentu karena kemampuan dari lampu ini sendiri. Hemat, praktis, dan tidak sulit dipasang sehingga menjadikannya serbaguna dan sangat mudah dipakai pada apapun termasuk hiasan lampu lainnya.

6. Color Rendering Index LED Sangat Akurat

Color Rendering Index yang dimaksud adalah kemampuan lampu menunjukkan berbagai warna yang asli dari sebuah objek yang dibandingkan ketika benda tersebut dihadapkan pada cahaya alami.

Seperti saturasi atau kekontrasan yang tidak kentara, dengan begitu akurasi warna dari lampu jenis LED inj memang akurat untuk memetakan warna sesungguhnya.

7. LED Ini Mudah Beradaptasi Dengan Berbagai Cuaca

Adaptif adalah salah satu sifat dan keunggulan dari lampu jenis LED. Sebab kualitas tersebut mampu membuatnya menyatu dengan sekitar, seperti dalam ruangan atau di taman.

Itulah dia alasan-alasan mengapa Anda perlu memakai lampu LED ini di rumah. Untuk lampu jenis LED baru bisa Anda temukan untuk info selengkapnya terkait harga dan spesifikasi lain yang lebih rinci. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Dadan Tri Yudianto: Indonesia Rally, Agenda Rutin HDCI untuk Bangkitkan Pariwisata Nasional

MATAKOTA | Denpasar, – Komunitas Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) yang merupakan orga…