FK3I
Home All News FK3I Minta KLHK Serius Tangani Masalah DAS Citarum
All News - Regional - 2021-05-25

FK3I Minta KLHK Serius Tangani Masalah DAS Citarum

MATAKOTA, Bandung – Ketua Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I) Jawa Barat Dedi Kurniawan menilai pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum belum memperlihatkan kinerja yang baik.

Dia berujar, kondisi Citarum semakin memperlihatkan tingkat kerusakan yang sangat tinggi. Program yang ada pun tidak ditangani dengan baik dan tepat sasaran.

“Sinergitas para pemangku kebijakan belum sinergis dalam penanganannya,” ucap Dedi, Senin (24/5/2021).

Menurutnya, program-program Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Citarum masih terfokus pada pendekatan fisik Pemetaan masalah dasar kerusakan Citarum.

“Kami identifikasi permasalahan sampah, permasalahan lahan dan kawasan serta fungsi kawasan, limbah dan pembangunan infrastruktur lainnya yang menjadi program BPDASHL,” ucap dia.

“Justru kami melihat kinerja yang sangat penting adalah edukasI dan pemahaman masyarakat yang penting terus didorong,” tambah Dedi.

Dijelaskan, pemda dan pemkot belum memberikan edukasi dan pemahaman masyarakat di sekitar kawasan sungai. Dia juga meminta, pihak legislatif dan eksekutif untuk membuat kebijakan yang tepat sasaran.

Dedi menyebut, anggaran BPDASHL Citarum Ciliwung nyaris menyasar pada penghabisan anggaran yang sia-sia.

“Penanaman pohon, pembibitan baik melalui program KBR dan KBD, kegiatan Infrastruktur kelola DAS lainnya yang nyaris sama sekali tidak menyelesaikan masalah seutuhnya dan belum langsung memberikan edukasi terhadap perilaku masyarakat,” jelasnya.

Oleh dari itu, FK3I Jabar meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan skema dan pola sesuai dengan karakteristik masyarakat dan pemangku kawasan serta pejabat yang ada agar segala aktivitas yang dilakukan tidak sia-sia. (DRY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

BPBD Jabar Minta Kabupaten Kota Sosialisasikan SELAMAT

MATAKOTA, Bandung – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat mengiri…