dprd jabar
Home All News DPRD Jabar Dorong Kabupaten dan Kota Adopsi Konsep Cyber Yogyakarta
All News - Parlemen - 2021-06-14

DPRD Jabar Dorong Kabupaten dan Kota Adopsi Konsep Cyber Yogyakarta

MATAKOTA, Yogyakarta – Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Sadar Muslihat menyatakan, kabupaten dan kota di Jawa Barat diharapkan dapat mengadopsi konsep Kampung Cyber Yogyakarta.

Dia berujar, konsep kampung cyber tersebut memiliki banyak manfaat. Salah satunya, mempermudah masyarakat dalam mengurusi kebutuhan-kebutuhan administrasi pemerintahan dan pengembangan perekonomian.

“Mudah-mudahan konsep ini bisa diterapkan walaupun tidak harus di tingkat provinsi, tetapi melalui kabupaten kota dapat mengadopsi hal-hal yang bisa dilakukan di Jabar, bahkan lebih baik,” ujar Sadar dalam Kunjungan Studi Komparasi Komisi I DPRD Jabar di Kampung Cyber, DIY, Rabu (9/6/2021).

Terkait penerapan konsep Kampung Cyber di Jawa Barat Sadar menyatakan, pihaknya akan menyerahkan upaya tersebut kepada pemerintah kabupaten kota, sebab hal itu diluar kewenangan DPRD Jabar.

“Kita hanya bisa memotivasi dan mendorong terkait dengan yang akan menjadi kewenangan Pemprov Jabar,” katanya.

“Tetapi, kendalanya yaitu Jabar dengan DIY memiliki kondisi geografis yang berbeda. Jadi di lapangan akan berbeda pula yang harus dilakukan,” imbuhnya.

Di singgung mengenai ketersediaan anggaran, Sadar menjelaskan jika dalam kondisi normal Jabar memiliki postur APBD lebih besar dibandingkan dengan Provinsi DIY. Namun, di tengah kondisi pandemi ini keberpihakan anggaran lebih ditujukan untuk penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi.

“Tetapi dalam kondisi pandemi Covid-19, kita tidak bisa mengutamakan penganggaran untuk hal yang demikian kecuali urusan dengan pandemi sudah selesai,” ucap dia. (ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Kadisdik Jabar Minta Anak Kembar Siam Tetap Diberikan Pendampingan Pendidikan

MATAKOTA, Bandung — Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) akan menjamin pendi…