Tingkatkan Market Share UMKM bank bjb Gandeng PT Amarta Mikro Fintek Salurkan Kredit UMKM Channeling
Home Ekonomi Tingkatkan Market Share UMKM, bank bjb Gandeng PT Amarta Mikro Fintek Salurkan Kredit UMKM Channeling
Ekonomi - 2 weeks ago

Tingkatkan Market Share UMKM, bank bjb Gandeng PT Amarta Mikro Fintek Salurkan Kredit UMKM Channeling

MATAKOTA, JAKARTA — Demi mendorong laju pertumbuhan bisnis UMKM serta mempercepat penetrasi pasar guna meningkatkan market share UMKM, bank bjb menjalin kerja sama dengan PT Amarta Mikrofintek dalam penyaluran kredit UMKM Channeling. Kerja sama tersebut dituangkan dalam penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) pada Rabu, 17 November di Jakarta.

Penandatangan PKS tersebut dihadiri oleh Direktur Utama bjb Yuddy Reynaldi, Direktur Komersial dan UMKM bank bjb Nancy Adistyasari, Pemimpin Divisi Kredit UMKM Denny Mulyadi, dan Executive Business Officer Yogi Yogiswara serta Direktur Utama PT Amarta Mikrofintek Andi Taufan Garuda Putra.

Yuddy Reynaldi mengatakan, kolaborasi dan sinergi saling menguntungkan antara bank bjb dan Amartha sebagai upaya mendorong laju pertumbuhan bisnis UMKM dan mempercepat penetrasi pasar guna meningkatkan market share UMKM.

“bank bjb memastikan agar fasilitas pembiayaan dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung pemulihan ekonomi. Merujuk status UMKM sebagai tulang punggung ekonomi, adalah langkah tepat untuk mengalirkan fokus bantuan kepada sektor ini,” jelasnya.

Tingkatkan Market Share UMKM bank bjb Gandeng PT Amarta Mikro Fintek Salurkan Kredit UMKM ChannelingPerlu diketahui, Amartha merupakan salah satu perusahaan dengan platform P2P yang berkomitmen mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif, pemerataan ekonomi dan membuka peluang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para pelaku UMKM skala ultra mikro.

Kerja sama bjb dengan Amarta Mikrofintek dilatarbelakangi oleh empat faktor

Pertama, sebagai bagian dari upaya pengembangan bisnis UMKM secara unorganik melalui pola channeling untuk melengkapi proses bisnis organik yang telah berjalan selama ini. Kedua, sebagai upaya mendorong laju pertumbuhan bisnis UMKM dan mempercepat penetrasi pasar guna meningkatkan market share Kredit UMKM.

Faktor ketiga, platform online seperti P2P akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif, pemerataan ekonomi dan membuka peluang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Keempat, pertumbuhan fintech lending yang pesat seiring dengan meningkatnya penggunaan internet di masyarakat adalah sebuah peluang yang dapat dioptimalkan melalui sinergi dan kolaborasi yang saling menguntungkan dibanding memposisikan fintech lending sebagai kompetitor.

Isi Perjanjian Kerja Sama

Dalam penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) kedua sepakat untuk melakukan sejumlah hal, yaitu pembiayaan Kredit UMKM Channeling dilakukan melalui produk pembiayaan internal Amartha.

Pendanaan kredit UMKM Channeling melalui Amartha oleh bjb dilakukan secara bertahap dimana dalam tahap awal ini rencana penyaluran sebesar Rp50 miliar.

Kemudian juga disepakati sejumlah syarat bagi mitra yang akan mengajukan kredit UMKM Channeling, yaitu

  • Usia Mitra/Calon Mitra saat mengajukan minimal 21 tahun atau 18 tahun bagi yang telah menikah.
  • Mitra/Calon Mitra adalah Warga Negara Indonesia, yang berdomisili tetap dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  • Mitra/Calon mitra yang sudah menjalankan usaha produktif;
  • Mitra eksisting PIHAK KEDUA yang sudah mendapatkan pendanaan lebih dari 1 (satu) kali;
  • Plafon Pendanaan Mitra/Calon Mitra minimal Rp1.500.000 sampai Rp20.000.000;
  • Tenor Pendanaan Mitra/Calon Mitra maksimal 1 (satu) tahun
  • Tidak dipersyaratkan agunan bagi Mitra/Calon Mitra.

Sementara itu Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto yang ditemui di tempat terpisah menjelaskan UMKM memegang peran sentral sebagai motor penggerak perekonomian daerah dan negara. Kerja sama yang terjalin antara bank bjb dengan PT Amarta Mikrofintek merupakan sinergi penting guna mendukung percepatan PEN.

“Peran UMKM dalam menggerakkan roda perekonomian daerah sangat signifikan. bank bjb sebagai mitra pemerintah serta dunia usaha mendukung penuh setiap langkah UMKM dalam melebarkan sayap usahanya, salah satunya dengan mempermudah akses keuangan dan fasilitas perbankan bagi setiap pelaku usaha,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Berkat Kinerja Positif Selama 3 Periode Terakhir, bank bjb Sabet Predikat Top 20 Financial Institution 2021

MATAKOTA, JAKARTA — Di penghujung tahun 2021, bank bjb berhasil mendapat predikat To…