Home All News SMKPN Lembang Beri Vaksin Rabies Gratis, Dalam Peringati Hari Rabies Sedunia
All News - Kesehatan - Pendidikan - 2022-09-27

SMKPN Lembang Beri Vaksin Rabies Gratis, Dalam Peringati Hari Rabies Sedunia

MATAKOTA | Lembang Sekolah Menengah Kejuruan Peternakan Negeri (SMKPN) Lembang memberikan vaksinasi rabies bagi hewan peliharaan secara gratis, Selasa (27/9/2022). Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia yang jatuh pada 28 September. Sebanyak 179 ekor hewan peliharaan telah didaftarkan untuk diberikan vaksin rabies. Hewan yang divaksin terdiri dari kuncing, anjing dan musang.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Anisa Nurul Baiti mengatakan, selain melibatkan dokter hewan dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bandung Barat, siswa kompetensi keahlian Keperawatan Hewan SMKPN Lembang pun ikut membantu proses vaksinasi.

“Diharapkan, kegiatan ini mampu memotivasi siswa, apalagi mereka ikut terlibat dan bekerja langsung dengan dokter hewan. Sehingga, mereka bisa belajar lebih banyak dan giat agar memiliki cita-cita tinggi,” ungkap Kaprodi Keperawatan Hewan ini saat ditemui di sekolah, Jalan Raya Tangkuban Parahu KM 3 Kecamatan Lembang, Kab. Bandung Barat.

Selain vaksinasi rabies, tambahnya, pihaknya pun menggelar talkshow kesehatan bagi hewan peliharaan serta pelatihan handling (penangangan) hewan peliharaan bagi para siswa.

Melatih Siswa

Sedangkan Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bandung Barat, Wiwin Apriyanti menjelaskan, kegiatan ini bertujuan melatih pengetahuan siswa tentang virus rabies serta membedakan mana hewan yang sehat dan sakit. “Siswa jadi bisa mengetahui rabies itu seperti apa, bagaimana dampaknya dan bagaimana cara vaksinasinya,” tuturnya.

Kegiatan ini pun, lanjutnya, mengedukasi masyarakat yang memiliki hewan peliharaan untuk menyosialisasikan pentingnya vaksin rabies. Melalui kegiatan tersebut, salah seorang siswa, Deswita Zulianti mengaku jadi paham betapa pentingnya vaksinasi rabies bagi hewan. Ia yang sudah memvaksin kucing peliharaan bernama Mayal, mengajak siswa lainnya untuk lekas memberikan vaksin rabies bagi hewan kesayangan mereka. “Dengan vaksin, diri kita dan keluarga menjadi sehat dan aman, apalagi hewan peliharaan kita,” seru siswa kelas XI ini. *red

Leave a Reply

Check Also

Situs Resmi Pengurusan e-VoA hanya di molina.imigrasi.go.id

MATAKOTA || Jakarta, — (06/12) Situs palsu pengurusan elektronik visa on arrival (e-…