Sejarah Singkat Awal Mula Bulu Tangkis
Home All News Sejarah Singkat Awal Mula Bulu Tangkis
All News - Olahraga - 2021-10-21

Sejarah Singkat Awal Mula Bulu Tangkis

HINGGA saat ini, bisa dikatakan jika bulu tangkis atau badminton menjadi salah satu olahraga dengan jumlah peminat terbesar di Indonesia, terlebih cukup banyak atlet badminton yang berhasil memenangkan kejuaraan bergengsi. Nah, di balik popularitas badminton yang cenderung terjaga dari waktu ke waktu, ada sejarah badminton yang cukup panjang yang tak bisa terlepas darinya.

Membahas tentang sejarah dari badminton memang merupakan hal yang menarik. Dengan mengetahui sejarahnya, tentu Anda akan mendapatkan tambahan wawasan perihal badminton. Tidak hanya itu, Anda pun juga bisa melihat bagaimana perkembangan badminton dari awal hingga seperti saat ini.

Nah, penasaran dengan cerita singkat mengenai sejarah badminton? Simak ulasannya!

Sejarah Singkat Awal Mula Bulu Tangkis              

Sebagaimana disinggung di awal, ada cerita yang cukup panjang mengenai badminton dalam cakupan sejarah. Hal ini dikarenakan ada beberapa peristiwa penting yang menjadi bagian dan juga plot cerita mengenai sejarah olahraga yang satu ini.

Adapun beberapa rangkai cerita terkait sejarah dari olahraga badminton diantaranya adalah sebagai berikut:

1) Sejarah Badminton di Dunia

Terkait sejarah bulu tangkis di dunia, ada beberapa sumber informasi yang bisa dijadikan referensi untuk mengetahui permulaan olahraga satu ini. Diambil dari Badminton Passion, badminton awalnya dikenal di daerah Yunani dan juga Mesir. Olahraga ini awalnya dikenal dengan nama battledore dan juga shuttlecock.

Dalam permainan tersebut, dua pemain akan saling memukul shuttlecock yang dibuat dengan bulu menggunakan sebuah raket kecil. Akan tetapi, anak-anak pada waktu itu juga menggunakan dayung ataupun tongkat sejenis untuk menggantikan raket. Cikal bakal badminton ini sudah ada sejak 2000 tahun yang lalu.

2) Sejarah Badminton di Inggris

Inggris menjadi salah satu negara di Eropa yang cukup awal mengenal permainan badminton. Sekitar tahun 1600-an, badminton sudah dikenal oleh masyarakat Inggris. Banyak masyarakat pada waktu itu yang bermain shuttlecock. Dua orang akan saling memukul shuttlecock tersebut dengan menggunakan alat sederhana.

Shuttlecock dipukul ke arah depan dan juga belakang untuk menghindarkannya menyentuh tanah. Hal ini terus berlangsung dan badminton menjadi salah satu pilihan olahraga di Inggris yang cukup terkenal waktu itu.

Di pertengahan abad ke-19, badminton modern diperkenalkan di India oleh seorang perwira militer yang berasal dari Inggris. Perwira tersebut membawa jaring ke dalam area permainan untuk memisahkan area para pemain.

Kemudian, tak lama setelah peristiwa tersebut, olahraga satu ini diubah dan ditingkatkan dengan alat yang lebih modern di salah satu kota yang berada di Inggris bernama Poona. Diambil dari nama daerah tersebut, permainan ini kemudian diberi nama yang baru, yaitu Poona ataupun juga disebut Poonah.

Perkembangan badminton di Inggris semakin masif setelah para pensiunan perwira kembali ke Inggris dan banyak memainkannya. Olahraga ini secara resmi diperkenalkan dengan nama badminton setelah adanya proses pengenalan kepada Duke of Beaufort. Bermula dari kejadian tersebut kemudian nama badminton menjadi populer.

3) Sejarah Badminton di Indonesia

Indonesia menjadi salah satu negara dengan popularitas badminton yang cukup tinggi. Terlebih, ada cukup banyak gelar kejuaraan badminton bergengsi yang berhasil di dapatkan tim Indonesia.

Dalam sebuah catatan, sejarah bulu tangkis di Indonesia bermula sekitar tahun 1930-an. Pada waktu itu, menyusul Malaysia dan Singapura, Indonesia mendirikan organisasi badminton di Jakarta. Sejak saat itu, sejumlah kejuaraan badminton pun mulai digelar, terutama di beberapa kota besar yang ada di Pulau Jawa.

Sejak awal kemunculan, sejarah badminton di Indonesia bisa dikatakan berkembang dengan cukup signifikan. Hal ini dibuktikan dengan dibentuknya PBSI atau Persatuan Badminton Seluruh Indonesia tahun 1951 yang secara resmi menjadi organisasi nasional untuk badminton. Indonesia pun masuk menjadi anggota IBF tahun 1953.

Hingga saat ini, Indonesia masih menjadi salah satu negara yang cukup disegani untuk olahraga badminton. Bahkan, terbaru, Indonesia berhasil mendapatkan gelar juara Piala Thomas yang sebelumnya didapatkan sekitar 19 tahun yang lalu.

Beberapa cerita di atas merupakan sejarah badminton yang menarik untuk disimak. Sejak perkembangan tersebut, bisa dikatakan badminton menjelma menjadi olahraga yang paling populer. Juga, teknik bermain badminton pun mulai banyak dikembangkan.

Tentu saja, seseorang perlu mempelajari dan mempraktikkan beragam teknik, terutama teknik dasar badminton, agar bisa memiliki skill permainan yang mumpuni. Terlebih, untuk olahraga badminton modern seperti sekarang ini.

Selain itu, skill bermain badminton yang mumpuni harus ditunjang dengan peralatan yang mumpuni pula. Raket mungkin menjadi fokus utama. Namun, jangan lupakan sepatu yang berpengaruh pada kelincahan saat melakukan pergerakan di lapangan.

Berbincang tentang sepatu untuk badminton, salah satu rekomendasi yang bisa Anda pilih adalah sepatu Yonex. Produk sepatu ini cukup mengesankan dan bisa dijadikan salah satu referensi terbaik. Pasalnya, sepatu tersebut dibuat secara khusus untuk olahraga badminton. Tidak hanya dengan desain yang tepat, melainkan juga komponen penunjang yang istimewa.

Ya, ada sol karet yang dibuat secara khusus untuk melapisi bagian bawah sepatu. Tentu, dengan penggunaan sol karet ini, maka sepatu akan cenderung lebih kesat dan tidak akan licin saat digunakan.

Apabila Anda tertarik dengan produk sepatu Yonex, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di Blibli.com. Blibli menyediakan beragam produk sepatu yonex dengan desain yang unik, warna yang menarik dan juga ukuran yang beragam. Tidak hanya itu, Anda pun berpotensi mendapatkan cashback dan diskon khusus dari Blibli.

Demikian ulasan tentang sejarah badminton untuk tambahan wawasan. Nah, untuk Anda yang ingin mendapatkan perlengkapan badminton dengan harga terjangkau, cek laman Blibli!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ribuan Bikers HDCI Ikuti Touring Indonesian Rally 2021 dengan Route Nusa Dua – Denpasar

MATAKOTA | Denpasar, – Ribuan bikers motor gede (moge) yang tergabung dalam komunitas Harl…