Home All News Sambut Bulan Suci Ramadan 1442 H Dengan Membaca Doa Ini
All News - Kronik - 1 week ago

Sambut Bulan Suci Ramadan 1442 H Dengan Membaca Doa Ini

MATAKOTA – Beberapa hari lagi Ramadan 2021 tiba. Salah satu tanda keimanan dari seorang mukmin adalah bergembira akan datangnya bulan Ramadan, seperti menyambut tamu agung yang telah dinantikan.

Mempersiapkan segalanya dengan baik tentu akan membahagiakan tamu tersebut. Ini juga bisa menutupi kekhawatiran jika seseorang tidak dapat lagi bertemu dengan bulan Ramadan selanjutnya.

Diwajibkan kita memperbanyak amalan shaleh sejak menyambut, selama dan hingga selesai bulan suci Ramadan.

Jika seseorang merasa biasa-biasa saja dan tidak merasa ada yang istimewa, bisa jadi ia luput dari kebaikan sebab tidak merasa bergembira dengan karunia Allah.

Kegembiraan tersebut karena banyaknya kemuliaan, keutamaan, dan berkah pada bulan Ramadan. Sehingga, ketika menjalani ibadah dan berdoa akan terasa lebih khusyuk.

“Bagaimana tidak gembira? Seorang mukmin diberi kabar dengan terbukanya pintu-pintu surga, tertutupnya pintu pintu neraka, syetan dibelenggu. Dari sisi manakah ada yang menyamai waktu Ramadhan ini?” (Latha’if Al-Maarif Hal. 148).

Al qur'an
Ilustrasi membaca Al Qur’an (foto: twitter)

Setelah menjalankan beberapa persiapan, doa menyambut Ramadan akan memperkuat segala hal yang telah dilakukan tersebut. Meski begitu, masih ada beberapa perbedaan terkait dengan doa menyambut Ramadan karena alasan tertentu.

Sebenarnya, tidak ada doa menyambut Ramadan yang khusus diajarkan oleh Rasulullah SAW maupun para sahabat. Hanya saja, para sahabat dan para ulama generasi setelahnya, menyambut bulan ramadhan ini dengan penuh kegembiraan dan suka cita.

Mereka ungkapkan kegembiraan ini dengan mengucapkan kalimat-kalimat yang mengandung doa kebaikan dan harapan. Dan hal ini yang menjadi landasan dari doa menyambut Ramadhan yang hingga kini dilakukan oleh umat muslim.

Satu harapan yang luar biasa. Karena mereka menilai, Ramadan adalah bulan yang sangat istimewa sehingga mereka tidak akan menjadikannya kesempatan yang sia-sia. Doa menyambut Ramadan tersebut di antaranya:

Doa Menyambut Ramadan (1)

Doa menyambut Ramadan ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas segala kebaikan yang telah dirasakan.

“Segala pujian dan sanjungan untuk Allah semata yang sudah membuat daku dan engkau, dan sudah menetapkan kedudukanmu juga sudah menjadikanmu (bulan Ramadhan) juga sebagai di saat manusia untuk beramal.

Ya Allah, anugrahkanlah padaku sebuah anugrah yang diberkati. Ya Allah, curahkanlah padaku keselamatan, kesejahteraan, keyakinan, keimanan, kebajikan, ketaqwaan, bantuan, dan kesuksesan memperoleh apa-apa yang Kau cintai dan ridhoi,” (HR Muslim).

Doa Menyambut Ramadan (2)

Saat memasuki bulan Ramadhan, Allah SWT memberikan tentang kewajiban untuk berpuasa. Allah SWT berfirman tentang kewajiban tersebut agar manusia memiliki persiapan. Allah SWT berfirman:

“Barang siapa diantara kamu hadir di bulan Ramadhan itu, wajib baginya puasa” (Al Baqarah: 7).

Doa menyambut Ramadan dengan membaca firman Allah SWT tersebut mengingatkan setiap umat musli agar melakukan persiapan dengan meningkatkan kualitas diri serta memperbanyak doa.

Doa mewujudkan kerinduan akan datangnya bulan Ramadhan, permohonan dan bentuk ketawakkalan kepada-Nya.

Doa Menyambut Ramadan (3)

Al-Hafidz Ibnu Rajab menyebutkan satu riwayat yang menunjukkan semangat para sahabat dan ulama dalam menyambut ramadhan. Ibnu Rajab menyebutkan keterangan Mu’alla bin Al-Fadhl, seorang ulama tabi’ tabiin yang mengatakan:

“Dulu para sahabat, selama enam bulan sebelum datang Ramadhan, mereka berdoa agar Allah mempertemukan mereka dengan bulan Ramadhan. Kemudian, selama enam bulan sesudah ramadhan, mereka berdoa agar Allah menerima amal mereka selama bulan Ramadhan,” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264)

Sholat
Ilustrasi Doa (Foto: Twitter)

Doa Menyambut Ramadan (4)

Al-Hafidz Ibnu Rajab kembali menyebutkan salah satu contoh doa menyambut Ramadan yang pernah dipanjatkan.

Salah satu doa dan harapan ini seperti yang pernah diriwayatkan dari Yahya bin Abi Katsir, seorang ulama tabi’in bahwa beliau mengatakan:

“Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan,” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264).

Doa Menyambut Ramadan (5)

Ketika bulan Ramadan segera tiba, Rasulullah SAW pun memohon ampunan dengan doa-doa menyambut bulan suci Ramadan. Tidak hanya kepada umat yang hidup sezaman dengan Rasulullah.

Cintanya diberikan kepada umatnya yang hidup di masa yang jauh dari zaman Rasulullah. Cinta itu diwujudkan dalam bentuk doa. Banyak sekali doa-doa menyambut bulan suci Ramadan Rasulullah SAW yang ditujukan kepada umatnya.

Di antara sekian banyak doa, Rasulullah SAW memohonkan kepada Allah SWT agar umatnya dijauhkan dari azab. Doa-doa menyambut bulan suci Ramadan tersebut terdapat dalam hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA.

Allahumma la tursil ‘ala ummati ‘adzaban min fauqihim wa la min tahti arjulihima wa la talbishum syiya’an.

Artinya:

“Ya Allah, jangan Engkau kirim kepada umatku azab dari arah atas mereka, dan juga jangan kirim azab dari arah kaki mereka, dan jangan Engkau campurkan mereka dengan macam-macam golongan yang saling bertentangan.” *****

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Corona Indonesia 15 April: Bertambah 6.177 Kasus Positif, Meninggal 167 Orang

MATAKOTA, Jakarta – Kasus baru corona di Indonesia belum membaik. Sebab itu, tetap jangan …