Home Nasional Plin Plan, Pemerintah Akhirnya Melarang Mudik Lebaran
Nasional - 2021-03-26

Plin Plan, Pemerintah Akhirnya Melarang Mudik Lebaran

MATAKOTA, Jakarta – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK RI) Muhadjir Effendy mengatakan demi mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19 di tengah program vaksinasi yang sedang berjalan, pemerintah resmi melarang Mudik Lebaran 2021.

Penegasan itu berlaku untuk seluruh lapisan masyarakat dan pegawai pemerintah.

“Tahun 2021, mudik ditiadakan, berlaku untuk ASN, TNI-Polri, karyawan BUMN, karyawan swasta, pekerja mandiri, dan seluruh masyarakat,” kata Menko PMK Muhadjir Effendy dalam jumpa pers virtual usai rakor menteri, Jumat (26/03/2021).

Larangan mudik akan dimulai pada tanggal 6 Mei sampai 17 Mei 2021. Dan ini berlaku untuk seluruh kelompok masyarakat. Lantas, bagaimana dengan cuti bersama Idul Fitri 2021?

Cuti bersama Idul Fitri 1 hari tetap ada, namun tidak boleh ada aktivitas mudik,” katanya.

Cuti bersama tersebut jatuh pada 12 Mei 2021. Hal ini pun telah dipangkas pemerintah, sebelumnya cuti Idul Fitri ada 4 hari.

Cuti bersama tanggal 17-19 Mei 2021 telah resmi dipangkas dengan pertimbangan memutus penularan covid-19.

“Aturan menunjang peniadaan mudik akan diatur K/L terkait termasuk Satgas Covid dan diatur langkah pengawasannya oleh TNI/Polri, Kemenhub, Pemda, dll,” jelas dia.

Selain itu, dia juga menjelaskan seluruh kementerian dan lembaga akan melakukan komunikasi publik yang baik tentang peniadaan mudik ini.

“Diimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pergerakan atau kegiatan-kegiatan yang ke luar daerah kecuali benar-benar dalam keadaan mendesak dan perlu,” ucapnya. (DRY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Setwan DPRD Kota Gelar WORKSHOP Bersama Para Jurnalis

Matakota || Jakarta — DPRD Kota Bandung Menggelar Acara¬† WORKSHOP Wartawan Di Lingku…