image 750x 62209028c26a5 1
Home All News PKS Respons Wacana Almarhum Oded M Danial Jadi Nama Jalan di Kota Bandung
All News - Nasional - 2022-03-04

PKS Respons Wacana Almarhum Oded M Danial Jadi Nama Jalan di Kota Bandung

MATAKOTA, Bandung – Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyebut almarhum Wali Kota Bandung Oded M Danial tak menutup kemungkinan diabadikan sebagai nama jalan di Kota Bandung.

Kemungkinan Mang Oded jadi nama jalan itu disampaikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil seusai meresmikan perubahan nama flyover Pasupati menjadi Jalan Prof Dr Mochtar Kusumaatmadja.

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengatakan, penggunaan identitas pahlawan sebagai nama jalan harus melewati berbagai aturan. Sehingga, nama-nama pahlawan harus dipersiapkan mulai sekarang.

Tidak terkecuali Oded M Danial juga bisa masuk sebagai pertimbangan sebagai nama jalan di Kota Bandung.

“Bukan tidak mungkin juga nama mang Oded suatu hari diabadikan di sebuah tempat, apapun. Yang penting di Jabar itu budayanya sangat menghormati orang tua dan pahlawan,” kata Kang Emil, Selasa (1/3/2022).

Saat Wali Kota Bandung Oded M Danial masih hidup, ujar Kang Emil, pergantian nama flyover Pasupati telah dikoordinasikan. Ada wacana flyover milik Pemprov Jabar yang menjadi ikon Kota Bandung itu disematkan nama pahlawan. Saat itu, Oded M Danial setuju.

“Saya sempat (diskusi) ke almarhum mang Oded ya, menyampaikan bahwa flyover yang proyek Pemprov Jabar dulu yang melintasi ruas Jalan Pasupati ya, sama yang Jalan Gatot Subroto dicarikan pahlawan dari Kota Bandung saja. Tapi (untuk perubahan nama itu) harus disurvei oleh Pak Yana,” ujar Kang Emil.

Respons PKS

Wacana yang dilontarkan Kang Emil itu mendapat respons dari Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jabar.

Ketua DPW PKS Jabar Haru Suandharu mengatakan, PKS Jabar mengapresiasi wacana mengabadikan Mang Oded, sapaan akrab almarhum Oded M Danial sebagai nama jalan. Wacana itu muncul lantaran Kang Emil telah merasakan langsung bekerja sama dengan almarhum Mang Oded yang merupakan kader PKS tersebut.

“PKS berterima kasih atas apresiasinya buat Mang Oded. Artinya, pak gubernur (Ridwan Kamil) sudah merasakan pengalaman bekerja sama dengan mang Oded,” kata Ketua DPW PKS Jabar, Kamis (3/3/2022).

Kang Haru, sapaan akrab Haru Suandharu, bagi PKS Jabar, rencana mengabadikan Oded M Danial sebagai nama jalan ini merupakan kabar baik dan perlu diapresiasi. Almarhum Oded M Danial merupakan kader terbaik PKS dan sudah banyak memberikan perubahan untuk Kota Bandung.

“Jika wacana itu benar-benar terlaksana, terkait penyematan nama (Oded M Danila) dilakukan sesuai teknis, bisa di jalan milik Kota Bandung atau Provinsi Jabar. Tapi sebaiknya Wali Kota Bandung dengan DPRD berdiskusi di jalan mana,” tutur Kang Haru.****

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also

Sempat Terpuruk, Toko Oleh-Oleh Haji dan Umrah Kembali Menggeliat

MATAKOTA, Bandung – Pemberangkatan jemaah haji Indonesia yang sempat ditutup sampai …