Home All News Perkokoh Ketahanan Pangan, Pemkot Bandung Gaet Unpas
All News - Regional - 2022-01-13

Perkokoh Ketahanan Pangan, Pemkot Bandung Gaet Unpas

MATAKOTA, Bandung – Untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menjalin kerja sama dengan Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas).

Diketahui, 97 persen ketersediaan pangan di Kota Bandung merupakan hasil impor dari kota atau kabupaten di luar Bandung. Oleh karena itu, Pemkot Bandung melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung berupaya mendorong jumlah tersebut agar Kota Bandung bisa mandiri pangan.

Lebih spesifik lagi, kerja sama Pemkot Bandung dan Unpas mengenai ketahanan pangan berbentuk pengembangan Sekemala Integerated Farming di Kelurahan Cisurupan, Cibiru, Bandung.

Saat ini, kawasan tersebut sedang dikembangkan menjadi laboratorium dan wahana edukasi pertanian, khususnya bagi masyarakat Bandung.

Dalam acara penandatanganan kerja sama di Lantai 6 Pascasarjana Universitas Pasundan, Selasa 12 Januari 2022, Plt. Wali Kota Bandung menyampaikan apresiasi terhadap Unpas.

Yana optimis, Bandung bisa berdaya tahan pangan kuat karena dihuni masyarakat kreatif.

“Bandung diisi oleh masyarakat kreatif dan punya banyak tempat (untuk dikembangkan). Semoga kerja sama ini bisa terus terjalin, dan insyaallah kolaborasi ini menghasilkan yang terbaik bagi masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya, upaya Pemkot Bandung dalam meningkatkan ketahanan pangan sudah dilakukan lewat program Buruan SAE.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar memastikan, program ini terus berkembang.

Ke depannya, kerja sama Pemkot Bandung dengan Pascasarjana Unpas ini akan menambah banyak program-program yang berkaitan dengan ketahanan pangan.

“Kita berupaya mengembalikan budaya kota dengan menanam. Sehingga masyarakat kota bisa hidup dari pertanian,” ucap Gin Gin.

Program Buruan SAE juga mendapat perhatian dari Unpas. Rektor Unpas, Prof H. Eddy Jusuf menyebut pangan sebagai unsur strategis dan perannya akan menyangkut berbagai aspek.

“Kalau semua sadar, rasanya semua orang bisa memenuhi kebutuhan sayuran dengan menanam,” katanya.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also

Dua Proyek Dicoret Dari KUA-PPAS 2023, Dewan Sebut Sekda Merekedeweng

MATAKOTA, Bandung – DPRD dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menandatangani Nota Ke…