Siap Sambut Peringatan KAA Humas Rayhadi 6
Home All News Peringatan KAA ke 67 Libatkan 280 Personel Kwarcab Pramuka Bandung
All News - Regional - 2022-04-17

Peringatan KAA ke 67 Libatkan 280 Personel Kwarcab Pramuka Bandung

MATAKOTA, Bandung – Kepala Museum Konferensi Asia Afrika (KAA) Dahlia Kusuma Dewi mengungkapkan, acara penaikkan bendera negara-negara Asia Afrika hari Senin besok (18/4/2022), akan melibatkan 280 pasukan dari Pramuka Kwarcab Bandung dan 30 anggota drum band. Ia bilang, acara tersebut akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Menurut Dahlia, keterlibatan Pramuka Kwarcab Bandung merupakan yang pertama sejak dua tahun terakhir. Ia berharap keterlibatan banyak pihak dalam acara ini bisa menumbuhkan semangat dan memperkuat ingatan sejarah yang pernah terjadi di Kota Bandung.

Ditegaskan dia, peran Kota Bandung sebagai kota bersejarah untuk perdamaian dunia sangatlah besar lewat peristiwa KAA.

“Kami ingin menghidupkan ingatan tersebut. Mudah-mudahan kegiatan yang kami lakukan dapat merawat ingatan tersebut,” ucapnya.

Dahlia mengatakan, acara pengibaran bendera akan dilakukan secara hibrid antara daring dan luring. Secara luring, acara akan berlangsung di Museum Konferensi Asia Afrika (MKAA), Gedung Merdeka Bandung. Sedangkan untuk daring, acara ini dapat diikuti melalui zoom dan siaran langsung di kanal YouTube MKAA.

“Terima kasih untuk Pemkot Bandung dan Satgas COVID-19 Kota Bandung. Kami akan tetap menerapkan protokol kesehatan di tengah kemeriahan ini,” ucapnya.

Dahlia pun mengajak masyarakat untuk merawat ingatan sejarah yang pernah terjadi di Kota Bandung melalui peristiwa KAA.

“Di tengah keterbatasan, MKAA coba menghadirkan lagi kemeriahan KAA,” tutur Dahlia.

Ia juga menyebut peringatan KAA tidak bisa dilepaskan dari Kota Bandung. Tiap 10 tahun sekali, peristiwa bersejarah ini dirayakan sangat meriah oleh masyarakat Kota Bandung.

“Sebagai pengingat, perayaan ke-60 KAA pada 2015 silam berlangsung sangat meriah. Jalan Asia Afrika Kota Bandung saat itu bahkan tampil dengan wajah baru,” ujarnya.

Ia juga berharap di tahun 2025 atau tepatnya di peringatan ke-70 KAA, acara perayaan bisa terselenggara.

Oleh karenanya, kata Dahlia, peringatan KAA Tahun 2022 ini adalah langkah awal untuk menyambut perayaan 10 tahunan di 2025 mendatang.

“Jangan lupa, Bandung adalah kota yang bersejarah. Tidak hanya bagi Indonesia, tapi juga bagi perdamaian dunia,” katanya. *****

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also

Tingkatkan Literasi Warga, Wali Kota Bandung Apresiasi Konsep Store Clavis Indonesia

MATAKOTA, Bandung – Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meminta seluruh elemen masyaraka…