Home All News Pemerintah Izinkan Salat Idul Fitri dan Tarawih, Ini Syaratnya
All News - Nasional - 1 week ago

Pemerintah Izinkan Salat Idul Fitri dan Tarawih, Ini Syaratnya

MATAKOTA, Jakarta – Pemerintah memberikan lampu hijau bagi masyarakat yang hendak menggelar salat Tarawih berjamaah pada Ramadan tahun ini. Selain Tarawih berjamaah, pemerintah juga mengizinkan salat Idul Fitri (Ied).

Namun demikian, masyarakat yang hendak melakukan Ibadah berjamaah tersebut harus tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat dan berbasis komunitas.

“Salat Tarawih dan salat Idul Fitri pada dasarnya diperbolehkan, diperkenankan, yang harus dipatuhi adalah protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan dengan sangat ketat,” ucap Menko PMK Muhadjir Effendy, di Kantor Presiden, Senin (5/4/2021).

Muhadjir berujar, baik salat Tarawih maupun salat Ied boleh dilaksanakan di masjid atau di luar ruangan (lapangan) sepanjang jamaahnya masih dalam satu lingkup komunitas.

“Dengan catatan harus terbatas pada komunitas. Jadi di lingkup komunitas di mana jamaahnya sudah dikenali satu sama lain, sehingga jamaah dari luar mohon supaya tidak diizinkan,” tuturnya.

Muhadjir mengatakan, pelaksanaan salat Tarawih maupun salat Ied harus sesingkat mungkin demi meminimalisir penularan virus Corona.

“Pada saat melaksanakan salat jamaah mungkin dibuat sesimpel mungkin sehingga waktunya tidak terlalu panjang mengingat dalam kondisi darurat,” ucapnya.

“Pelaksanaan salat berjamaah tersebut tidak diperkenankan menimbulkan kerumunan, baik sebelum salat maupun setelahnya. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya. (DRY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Corona Indonesia 15 April: Bertambah 6.177 Kasus Positif, Meninggal 167 Orang

MATAKOTA, Jakarta – Kasus baru corona di Indonesia belum membaik. Sebab itu, tetap jangan …