Ilustrasi pembangunan infrastruktur desa
Home All News Pembangunan Infrastruktur Desa di Jabar Butuh Perhatian Khusus
All News - Parlemen - 2021-08-13

Pembangunan Infrastruktur Desa di Jabar Butuh Perhatian Khusus

MATAKOTA, Cirebon – Anggota DPRD Jawa Barat (Jabar) Daddy Rohanady berharap pandemi COVID-19 dapat segera berakhir, sehingga pemerintah bisa fokus dalam pembangunan infrastruktur pedesaan di Jabar yang menurutnya masih butuh perhatian khusus.

Salah satunya adalah Desa Japura Bakti, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon. Kata Daddy, desa tersebut sering kali diterpa bencana banjir. Sehingga perlu dikaji lebih lanjut, agar masyarakat yang terdampak tidak lagi mengalami musibah tersebut.

“Melihat kondisinya sekarang, tampaknya Desa Japura Bakti butuh perhatian serius dari berbagai pihak. Betapa tidak, balai desanya saja kerap kali terendam banjir. Biasanya minimal 80 cm. Bahkan, pernah terendam mencapai ketinggian 1,5 meter,” ucap dia, Kamis (12/8/2021).

Belum lagi persoalan jalan penghubung, yang harus diperbaiki sekitar 3 kilometer. Dia mengaku akan berupaya menyampaikan kondisi tersebut, agar segera ada tindakan lebih lanjut dalam mencari solusi terhadap kendala yang dialami Desa Japura Bakti.

“Desa minta bantuan soal perbaikan jalan dan mengatasi banjir. Banjir di Desa Japura Bakti dikarenakan Sungai Singaraja yang selalu meluap. Hal ini akibat pembangunan tol yang hanya memberi saluran sangat kecil,” ujarnya.

“Sebelum ada tol, saluran airnya cukup besar. Desa juga tidak pernah kebanjiran. Sekarang desa sering terendam sampai 12 jam. Balai desa saja terendam minimal 80 cm, bahkan pernah 1,5 meter. Ini butuh penanganan serius. Ini butuh bakti anak negeri, baik di tingkat kabupaten, provinsi, maupun pusat (DPR RI),” tambah Daddy.

Selain itu, dia juga berharap bantuan dana desa dari Provinsi Jawa Barat dapat segera direalisasikan agar dapat dimanfaatkan oleh pemerintah desa, dalam penanganan pandemi serta pembangunan infrastruktur yang tengah dibutuhkan masyarakat.

Dia pun berencana akan segera menyampaikan usulan dari masyarakat tersebut, supaya persoalan-persoalan masyarakat desa cepat teratasi.

“Desa sangat membutuhkan pencairan bantuan dana tersebut secepatnya. Semoga usulan desa tersebut didengar dan segera direalisasikan oleh Pemprov Jabar,” pungkasnya. (ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

KPK Eksekusi Tomtom dan Kadar Slamet ke LP Sukamiskin

MATAKOTA, Jakarta – Perkara telah berkekuatan hukum tetap, Komisi Pemberantasan Koru…