Rutilahu Jabar
Home All News Legislator Jabar Minta Program Rutilahu Tak Kena Realokasi Anggaran
All News - Parlemen - 2021-09-17

Legislator Jabar Minta Program Rutilahu Tak Kena Realokasi Anggaran

MATAKOTA, Bandung – DPRD Jawa Barat (Jabar) meminta anggaran untuk program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) tetap ada meski saat ini pemerintah provinsi harus melakukan refocusing APBD untuk penanganan pandemi COVID-19.

Demikian disampaikan Anggota Komisi IV DPRD Jabar Daddy Rohanady, di Kelurahan Citereup Kota Cimahi, Kamis (16/9).

“Di tengah pandemi, banyak anggaran APBD yang terkena refocusing. Tapi kami minta program Rutilahu untuk tidak terkena realokasi anggaran, ditambah tahun 2021 ini anggaran akan digeser untuk program PEN,” ujarnya.

Daddy mengatakan, jika menyangkut kepentingan masyarakat yang tidak mampu, ia akan all out memperjuangkannya.

Menurutnya, dalam program tersebut tidak sekedar mengandalkan anggaran pemerintah tapi ada juga peran serta masyarakat sehingga memiliki dampak ekonomi juga bagi warga di lokasi rehabilitasi rumah orang miskin itu.

“Rutilahu dikerjakan secara gotong royong agar rumah masyarakat yang dinilai tak layak huni menjadi layak huni. Rehabilitasi pada Rutilahu diprioritaskan di atap, lantai, dan dinding, serta fasilitas MCK,” katanya.

Khusus untuk wilayah Kota Cimahi, Daddy bersyukur program tersebut telah berjalan.

“Kami mendapatkan info bahwa Pemkot Cimahi sudah mendapatkan perbaikan Rutilahu dari tahun 2019 sekitar 400 unit dan juga satuan volume bantuan di angka 20 – 25 juta per unit,” tutur Daddy.

Ia berharap tahun 2021 ini, program yang melibatkan Kementerian Sosial itu tetap hadir di Kota Cimahi agar lebih banyak warga yang terbantu memiliki rumah layak huni. (ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

BPBD Jabar Minta Kabupaten Kota Sosialisasikan SELAMAT

MATAKOTA, Bandung – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat mengiri…