Home All News Kunjungi Bali, DPRD Jabar Pelajari Manajemen Kesehatan Masyarakat
All News - Parlemen - 2021-12-22

Kunjungi Bali, DPRD Jabar Pelajari Manajemen Kesehatan Masyarakat

MATAKOTA, Bali – Wakil Ketua DPRD Jabar Achmad Ru’yat bersama Komisi V melakukan studi banding ke Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Selasa (21/12/21).

Studi banding tersebut untuk mendapatkan informasi terkait pendalaman penanganan manajemen Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan penataan SDM serta kesejahteraan tenaga kesehatan di Dinas Kesehatan Provinsi Bali.

Achmad Ru’yat mengungkapkan, Bali mempunyai kelebihan dibandingkan dengan provinsi lain yang berada di Indonesia, terutama dalam bidang kesehatan.

Dia bilang, hal tersebut bisa menjadi salah satu acuan dasar dalam mengimplementasikan program kesehatan di Jawa Barat.

“Berdasarkan data yang kami peroleh bahwa Provinsi Bali ini stunting nya paling kecil. Fakta ini sampai mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat, lalu penanganan BLUD di sini ada yang sudah mandiri dan semi mandiri,” kata Achmad.

Senada dengan itu, Wakil Ketua Komisi V DPRD Jabar Abdul Hadi Wijaya mengatakan, pihaknya mempelajari tentang bagaimana filosofi belanja dan penganggaran serta bagaimana pelaksanaan kebijakan kesehatan di Provinsi Bali.

“Dimana Provinsi Bali ini sangat unggul dalam keberpihakan terhadap pelayanan kesehatan yang paripurna, hasil nya pun sangat tinggi sekitar 97 persen. Kita di Jawa Barat harus bisa mengejar, ini karena ada karakter ketegasan yang kuat dan harus kita implementasikan di Jawa Barat,” ucapnya.

Abdul Hadi berharap, ke depan Pemerintah Provinsi Jawa Barat bisa beradaptasi dalam menyusun konsep dan program untuk pelayanan kesehatan yang bermanfaat bagi masyarakat. (ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also

Maestro Jaipong Gugum Gumbira Mendapat Anugerah Tanda Kehormatan RI

MATAKOTA, Bandung – Seniman tradisi Sunda, (almarhum) Gugum Gumbira mendapat anugera…