Home Pemerintahan Komunitas di Bandung Konsisten Gelar Penghargaan untuk Para Sineas Indonesia
Pemerintahan - 2023-02-11

Komunitas di Bandung Konsisten Gelar Penghargaan untuk Para Sineas Indonesia

MATAKOTA || Bandung —  Komunitas Forum Film Bandung menyelenggarakan kegiatan penghargaan dan apresiasi kepada insan perfilman nasional. Kegiatan tersebut, yaitu Festival Film Bandung (FFB).

Forum Film Bandung dengan konsisten mengadakan festival ini setiap tahunnya. FFB sudah diadakan sejak tahun 1987 yang bertempat di Kota Bandung. Namun, saat masa pandemi, FFB diselenggarakan secara online.

Ketua Umum Forum Film Bandung, Eddy D. Iskandar menyebutkan, tujuan FFB ini agar masyarakat bisa lebih meningkatkan apresiasinya terhadap film.

“Salah satunya untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap film-film yang terpuji versi FFB,” ucapnya beberapa waktu lalu.

Sebelum melaksanakan festival, Forum Film Bandung terlebih dahulu melakukan pengamatan dan menilai film-film bioskop sepanjang tahun. Hal tersebut dilakukan oleh sebuah tim yang disebut Regu Pengamat.

Ketua Dewan Pembina FFB, Chand Parwez mengatakan, FFB tidak hanya menilai dan mengamati film-film Indonesia.

“FFB ini adalah kegiatan budaya. Kegiatan yang sangat dihormati bukan hanya di Indonesia, tetapi internasional. Karena FFB pun menilai film-film impor,” tuturnya di hari yang sama.

Lelaki yang akrab disapa Parwez pun menyampaikan harapan diselenggarakannya FFB.

“Kegiatan festival film seperti inilah yang menjadikan kota itu menjadi istimewa. Kota yang menjadi destinasi wisata dan destinasi budaya. Kita harapkan seperti itu untuk Bandung,” jelasnya.

Ia pun memberi pesan kepada kita untuk mencintai karya-karya sineas di Indonesia.

“Tontonlah film Indonesia. Cintai karya sineas di Indonesia. Kita berkarya dari hati untuk pencinta film Indonesia. FFB merupakan sebuah kegiatan untuk menghormati mereka yang sudah berkarya untuk film Indonesia,” ungkap Chand.

Berbeda dengan ajang penghargaan lainnya, FFB menggunakan sebutan “Terpuji”, bukan “Terbaik”.

Regu Pengamat FFB menganggap, pilihan mereka itu bukan mutlak yang terbaik. Akan tetapi, mereka ingin membantu masyarakat untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan seputar film Indonesia. Jadi, dimungkinan ada lebih dari satu pemenang. ***

Check Also

bank bjb Gelar Khitanan Massal: Program CSR untuk Masyarakat Bandung Raya

BANDUNG, matakota.com – bank bjb kembali menggelar kegiatan Khitanan Massal bagi anak-anak…