Home All News Kakorlantas Irjen Firman: Kesadaran Masyarakat Menurun, Tilang Manual Bakal Diberlakukan Lagi
All News - Hukum - 2023-01-03

Kakorlantas Irjen Firman: Kesadaran Masyarakat Menurun, Tilang Manual Bakal Diberlakukan Lagi

MATAKOTA || Jakarta, — Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi mengatakan pihaknya tengah mempertimbangkan untuk kembali menerapkan tilang secara manual. Firman mengatakan hal ini dilakukan lantaran kesadaran masyarakat yang malah menurun.

“Apakah akan dilakukan berlakukan lagi tilang manual? Itu tadi. Kalau saya boleh bilang itu tadi, kayaknya nanti kenapa saya harus pertimbangkan. Salah satunya itu tadi, masyarakat beberapa bukannya kesadaran yang muncul.

Ketika polisi tidak melakukan penilangan, bukannya sadar. Tapi yang ada pelat nomornya dicopot yang belakang, coba dicek, deh,” kata Firman di gedung NTMC Polri, Jakarta, Selasa (03/01/2023).

Firman mengatakan masyarakat malah melanggar ketika penerapan tilang hanya menggunakan E-TLE. Salah satunya mencopot pelat belakang agar tidak tertangkap kamera E-TLE.

“Pelat nomornya dicopot, ada yang diganti, bahkan beberapa dengan sengaja melanggar. Tapi sekali lagi untuk ini pun polisi bukan berarti diam saja. Kalau kita akan tetap memberikan teguran, bahkan untuk potensi yang langkahnya bisa fatal, kita harus memberikan peringatan-peringatan,” katanya.

Lebih lanjut, dia telah memberikan arahan kepada anggotanya dalam memecahkan masalah ini. Salah satunya memberikan teguran agar masyarakat paham akan bahayanya melanggar peraturan lalu lintas.

“Saya juga sudah memberikan arahan, kehadiran polisi lalu lintas di jalan tidak harus menilang, ini yang penting. Jadi kalau masyarakatnya tadi itu tidak muncul kesadaran,” katanya. *red

Leave a Reply

Check Also

bank bjb Salurkan Kredit Mesra di Medan

MATAKOTA || Medan, — bank bjb bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pe…