images 7 2 1
Home All News Jelang Idulfitri 1442 H, Ketua DPRD Jabar Imbau Masyarakat Tidak Kendor Prokes
All News - Parlemen - 2021-05-10

Jelang Idulfitri 1442 H, Ketua DPRD Jabar Imbau Masyarakat Tidak Kendor Prokes

MATAKOTA, Bandung – Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat, meminta masyarakat tidak pernah kendor menjaga protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19.

Kata dia, nenjelang Idulfitri 1442 H, hal yang perlu diwaspadai adalah potensi terbentuknya kerumunan yang dapat meningkatkan kembali penyebaran Covid-19.

Menurutnya, masyarakat dan pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, sudah bekerja keras menanggulangi penyebaran Covid-19.

“Kerja keras dan disiplin menegakkan protokol kesehatan ini, telah membuahkan hasil dan harus tetap dipertahankan,” ucapnya seusai mengikuti Rapat Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah di Makodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Jumat (7/5/2021).

“Kita di Jawa Barat pernah merasakan keterisian ruang isolasi di rumah sakit pernah di atas 50 persen, 60 persen, dan bahkan pernah di atas 80 persen. Sekarang keterisian rumah sakit sudah 36 persen. Ini kita harus tekan terus,” imbuh Taufik.

Taufik mengatakan menjelang Idulfitri 1442 H, kerumunan berpotensi terjadi di sejumlah pusat keramaian, sampai potensi penyebaran Covid-19 akibat kegiatan mudik.

Karenanya, Taufik meminta masyarakat untuk mematuhi peraturan pemerintah yang kembali meniadakan mudik lebaran tahun ini.

“Semua kebijakan yang diambil oleh pemerintah itu untuk kebaikan kita semua. Kita memang harus mewaspadai, antisipasi, jangan sampai terjadi lagi peningkatan kasus Covid-19. Kita dukung betul ini,” ujarnya.

Peniadaan mudik ini, kata Taufik, dapat mencegah penyebaran Covid-19 dari kawasan perkotaan yang kebanyakan memiliki tingkat kasus yang tinggi, ke kampung halaman yang kebanyakan berada di desa-desa dengan angka kasus yang masih rendah.

Dijelaskan Taufik, pemerintah pun memberlakukan kebijakan peniadaan mudik bukan tanpa sebab, melainkan untuk kebaikan bersama.

Termasuk, katanya, penyekatan di ratusan titik lalu lintas di Indonesia, 158 titik di antaranya di Jawa Barat.

“Kami akan support terus para petugas di lapangan, di titik-titik penyekatan. Minggu depan kami bersama Forkopimda Jabar akan keliling, memantau penyekatan-penyekatan di Jawa Barat berlangsung baik,” tuturnya.

Di sisi lain, kata Taufik, masyarakat bisa tetap produktif sambil tetap melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Hal ini pun, katanya, dilakukan para anggota DPRD Jabar yang tetap melaksanakan tugas-tugasnya.

“Kami tetap melaksanakan tugas-tugas kami karena memang sudah terjadwal. Semuanya dilakukan juga, termasuk di bulan Ramadan ini. Semua dilakukan sesuai protokol kesehatan,” ucapnya. (ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Pemkab Bekasi Segera Bentuk Forum Penataan Ruang Wilayah Utara

MATAKOTA, Bekasi – Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menginstruksikan agar segera dibentu…