Investasi Emas Antam
Home All News Jaga Investasi Tetap Cuan, Ini Cara Merawat Emas Agar Nilainya Tidak Turun
All News - Kronik - 2021-12-06

Jaga Investasi Tetap Cuan, Ini Cara Merawat Emas Agar Nilainya Tidak Turun

ADA banyak manfaat yang akan Anda dapatkan jika melakukan investasi emas. Manfaat yang akan didapatkan jika berinvestasi emas di antaranya harganya akan naik setiap tahun dan mudah dicairkan. Namun, kita harus mengetahui bagaimana cara merawat emas yang baik dan benar agar investasi bisa tetap untung. Anda juga bisa melihat harga emas Antam hari ini dan memantau kenaikannya.

Merawat emas ternyata tidak semudah merawat logam lainnya, seperti kuningan. Jika disimpan dalam kotak, emas bisa mengalami oksidasi dan akan lebih susah untuk dibersihkan. Bagaimana cara merawat emas agar investasi tetap cuan? Simak beberapa hal dibawah ini ya Blibli Friends!

Hindarkan Dari Bahan Kimia

Jika memutuskan untuk berinvestasi emas, kita harus pintar-pintar dalam merawatnya. Perawatan ini penting dilakukan tidak hanya untuk mempertahankan kemilau emas saja, tetapi juga agar nilainya tidak turun dan harga jualnya tetap tinggi. Agar tidak mengalami oksidasi, emas harus dirawat dengan baik. Hindarkan emas dari bahan-bahan kimia seperti parfum, body lotion dan lainnya.

Sampo, sabun mandi, pasta gigi dan pembersih wajah mengandung bahan kimia yang membuat kilau emas bisa memudar. Sebaiknya lepas perhiasan emas saat mandi supaya tidak sering terpapar oleh bahan kimia tertentu yang terkandung dalam produk-produk itu. Begitu juga ketika memakai produk perawatan wajah dan make up. Biasakan untuk memakai perhiasan emas setelah selesai berias untuk menjaga agar emas tidak gampang kotor karena endapan bedak atau cairan lotion.

Hindari dari Suhu Panas

Sebagai salah satu instrumen investasi yang berkilau di tengah ketidak pastian ekonomi global, terkadang emas juga bisa memudar jika tidak tepat dalam perawatannya. Untuk itu, jangan membersihkan perhiasan emas dengan air mendidih. Air dengan suhu panas akan dapat merusak emas. Mulai dari membuat logam emas memuai, membuat lem pada perhiasan luntur, dan bisa membuat batu permata lepas dari tempatnya.

Beberapa jenis permata juga bisa terbelah dan patah akibat suhu yang sangat tinggi. Jika ingin mencuci emas dari kotoran yang menempel, sebaiknya gunakan air biasa atau air hangat. Bilas emas secara perlahan dan jangan lama-lama, agar batu permata tidak copot. Rendam emas secara rutin dengan air hangat minimal dua kali dalam sebulan.

Gunakan Hanya di Momen Spesial

Perhiasan emas adalah salah satu investasi primadona bagi banyak perempuan. Namun, perhiasan emas untuk investasi tidak perlu dipakai setiap hari, terutama bila Anda hendak melakukan aktivitas di luar ruangan (outdoor) maupun kegiatan yang banyak terekspos oleh cuaca. Sebab, keringat dan debu bisa membuat emas mudah kotor. Jika perhiasan emas digunakan terus setiap hari, hal itu tanpa sadar bisa membuat penampilan emas yang Anda miliki jadi kurang menarik.

Kenapa emas cepat memudar dan rusak? Kemungkinan besar lantaran emas itu Anda gunakan setiap hari. Aktivitas harian seperti memakai riasan wajah, berenang, melakukan pekerjaan rumah tangga, ataupun spa dan sauna bisa berisiko membuat emas cepat rusak. Sebaiknya, gunakan perhiasan emas hanya pada momen spesial dan tertentu saja. Memakai emas pada momen spesial akan menjaga kondisi emas tetap baik

Simpan Ditempat yang Aman

Ketika perhiasan emas sedang tidak dipakai, pastikan Anda sudah menyimpannya dengan baik dan benar. Jika salah dalam penyimpanan, kilau emas akan berkurang dan warnanya bisa berubah menjadi kusam. Namun hal ini bisa diatasi bila Anda mempu merawat emas dengan baik. Sebaiknya, simpan emas yang Anda miliki di kotak atau tempat perhiasan khusus yang mempunyai bantalan busa.

Letakkan perhiasan emas sesuai dengan jenisnya. Emas jangan ditumpuk begitu saja atau dijadikan satu karena perhiasan emas bisa memudar warnanya dan saling menempel. Terutama kalung emas yang memiliki rantai tipis dan rawan terbelit. Setelah menyimpan emas dengan benar, buka tempat perhiasan Anda secara berkala untuk membersihkan dan merapikan koleksi emas.

Rajin Membersihkan Emas

Untuk merawat dan menjaga emas agar nilainya tidak menurun, emas harus rutin dibersihkan. Jika kondisinya baik dan berkilau, perhiasan emas bisa bernilai tinggi, baik untuk digadai ataupun untuk dijual kembali. Membawa koleksi emas ke tangan yang ahli untuk dibersihkan, seperti di toko emas memang cara yang paling mudah. Namun bagi sebagian orang, mencuci perhiasan emas secara periodik di toko emas kurang praktis karena merepotkan dan perlu biaya ekstra.

Yang paling penting, mencuci emas tidak perlu memakai sabun khusus. Anda bisa membeli sendiri cairan pembersih untuk merawat emas Anda di rumah. Jika akan membersihkan emas sebaiknya gunakan bahan sederhana dan tanpa deterjen, misalnya sabun cuci piring. Pastikan Anda membersihkan permukaan emas dengan lembut dan menggunakan lap dengan tekstur yang lembut.

Nah, Blibli Friends jangan lupa untuk selalu merawat emas yang Anda dimiliki ya. Perawatan terhadap emas sangat penting agar emas tetap berada dalam kondisi yang baik. Dengan perawatan yang benar, nilai emas akan lebih tinggi jika kilaunya tampak nyata dan tidak memudar. Caranya juga mudah sekali untuk dilakukan dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Berbekal langkah-langkah sederhana dan praktis di atas, Anda akan dapat menghemat banyak biaya untuk perawatan emas yang Anda miliki karena tidak perlu sering ke toko emas. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

HDCI Peduli Bangsa, Bukti Nyata Peduli Korban Erupsi Gunung Semeru

MATAKOTA | Jakarta, – HDCI PEDULI BANGSA, memang tak sekedar slogan belaka. Eksistensi  ke…