Naniura kuliner populer asal Batak Sumatera Utara
Home All News Ini Resep Naniura, Sashimi Ala Batak yang Jadi Tantangan Nadya dan Jesselyn Finalis MasterChef Indonesia
All News - Kronik - 4 weeks ago

Ini Resep Naniura, Sashimi Ala Batak yang Jadi Tantangan Nadya dan Jesselyn Finalis MasterChef Indonesia

MATAKOTA, Bandung – Finalis MasterChef Indonesia Seasion 8, Jesselyn Lauwreen dan Nadya Putri, mendapat tantangan dari juri untuk memasak beberapa hidangan nusantara terpopuler. Salah satunya adalah Naniura, kuliner pengunggah selera asal Batak Sumatera Utara.

Apa itu Naniura? Naniura adalah salah satu kuliner khas Batak. Makanan satu ini seperti Sashimi, ikan mentah khas Jepang. Orang yang pernah menyantap Naniura pasti tau betapa sedapnya kuliner satu ini.

Ikan mentah segar merupakan salah satu komponen tradisional dari Naniura. Daging ikan segar itu dilumuri bumbu dan unte jungga (asam Batak) ditambah Andaliman, jeruk, cabai merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, kacang tanah, kunyit, bunga rias (batang kecombrang) yang lebih dulu dilumat halus.

Selanjutnya, cabai merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar harus disaok atau digongseng. Digongsengnya di atas api kecil. Masing-masing bahan disaok secara terpisah agar kualitasnya bagus.

Pastikan bahan-bahan yang digongseng mengeluarkan aroma sedap, terlihat kuning kecokelatan. Khusus untuk bawang, indikator lainnya selain aroma sedap adalah lunak dan warna bawang merah sedikit tampak menerawang. Jika seluruh bahan telah selesai digongseng, selanjutnya adalah ditumbuk.

Saking lezatnya Naniura, sampai mengilhami seorang pujangga untuk menciptakan lagu bertajuk permohonan kepada orangtuanya agar direstui berjodoh dengan perempuan yang berasal dari tepi Danau Toba. Tujuannya, supaya ia selalu bisa merasakan nikmatnya Naniura.

Jadi tak cuma Jepang yang punya sajian ikan mentah seperti Sashimi. Bedanya, Sashimi disantap polos tanpa bumbu, sementara Naniura kian nikmat diolah dengan bumbu khas Batak.

Ikan yang digunakan biasanya ikan mas mentah atau yang disebut dekke, dibersihkan duri dan lendirnya terlebih dahulu. Ikan mas kemudian dimatangkan dengan cara direndam dalam air jeruk purut sehingga rasa dan aroma amisnya hilang. Naniura disajikan dengan bumbu kuning khas tanah Toba.

Rindu dengan santapan satu ini ? Tenang saja, anda tidak perlu pergi ke Batak. Anda bisa sendiri membuat nya di rumah. Berikut resep Naniura yang disadur dari buku “Hidangan Halal Khas Dari Tano Batak” (2013) oleh Linda Carolina Brotodjojo, terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Sekarang, anda bisa praktekkan sendiri di rumah untuk merasakan sensasi kelezatan Naniura.

Bahan membuat Naniura

1 kilo gram ikan mas, pilih yang besar
4 buah jeruk nipis, ambil airnya
1 buah jeruk jungga, ambil air
1 sendok teh (sdt) garam halus
4 batang rias muda
8 buah cabai merah
10 butir bawang merah
6 siung bawang putih
2 sendok makan (sdm) kacang tanah
6 butir kemiri
3 cm lengkuas
5 cm jahe, kupas kulitnya
1 1/2 sdm andaliman
10 cm kunyit, kupas kulitnya
1 1/2 sdm garam atau sesuai selera

Cara membuat Naniura

Pertama bersihkan ikan mas dari sisiknya dan belah dua dari punggung ikan. Kemudian buang semua duri ikan, lalu beri garam dan air jeruk. Diamkan selama 2 jam.

Kukus rias, kemudian sisihkan. Lalu sangrai cabai merah, bawang merah, bawang putih, kacang tanah, dan kemiri secara terpisah, lalu sajikan.

Kemudian tumbuk halus lengkuas, jahe, andaliman, dan kunyit. Tambahkan empat sendok makan air. Lalu tumbuh halus rias kukus dan semua bahan yang telah disangrai.

Campurkan dengan air campuran dari lengkuas, jahe, dan andaliman dan kunyit. Beri garam dan lumuri di atas ikan.

Bahan lain yang bisa ditambahkan seperti bawang merah dan cabai rawit di atasnya.

Simpan dalam lemari pendingin selama empat jam sebelum disajikan. Selamat mencoba! (DRY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

KPK Eksekusi Tomtom dan Kadar Slamet ke LP Sukamiskin

MATAKOTA, Jakarta – Perkara telah berkekuatan hukum tetap, Komisi Pemberantasan Koru…