Home Pendidikan Disdik Kota Bandung Target Bulan Juni Gelar Pembelajaran Tatap Muka
Pendidikan - 2021-03-10

Disdik Kota Bandung Target Bulan Juni Gelar Pembelajaran Tatap Muka

MATAKOTA, Bandung – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung menargetkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bisa digelar di setiap sekolah mulai Juni 2021.

Kepala Seksi Kurikulum SMP Disdik Kota Bandung Bambang Irianto mengatakan, idealnya pembelajaran dilakukan secara tatap muka, namun harus dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Tatap muka itu terjadi interaksi antara guru dengan siswa dan siswa dan siswa, ketika siswa ingin bekerja sama dan adanya komunikasi ide dan gagasan kritis, bisa disampaikan,” ucap Bambang di Bandung, Selasa, 9 Maret 2021.

Ia mengatakan ada beberapa skenario yang disiapkan untuk PTM. Di antaranya, pembagian jam pembelajaran atau membatasi, hanya sebagian siswa yang dapat mengikuti PTM.

Selain itu, PTM dapat dilakukan berdasarkan persetujuan dari orang tua dan murid yang bersangkutan. Dengan begitu, orang tua yang tak mengizinkan anaknya mengikuti PTM, bisa tetap belajar secara daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Ketentuan itu pun, kata dia, sudah dipersiapkan oleh para sekolah yang akan menggelar PTM. Dia mengatakan persiapan PTM itu sudah sekitar 80 persen.

“Sekolah juga sudah mendata, mana orang tua yang sudah mengijzinkan dan yang belum, mana siswa yang siap dan yang belum,” ujarnya.

Kabid Pembinaan P3TK Disdik Kota Bandung Edy Suparjoto mengatakan sekitar 1.339 guru yang akan mengikuti vaksinasi. Hal itu untuk memastikan PTM berjalan dengan aman tanpa ancaman paparan covid-19.

“Untuk persiapan PTM ya kami targetnya semuanya, supaya semua guru sudah divaksin gitu,” kata dia.

Ia masih belum memutuskan apakah guru yang menolak divaksin dapat mengajar secara tatap muka kepada para siswa. Namun, pihaknya bakal secara persuasif meminta para guru mengikuti vaksinasi.

“Paling pendekatan komunikasi, kalau dari kami tidak ada (sanksi) itu diserahkan ke Dinas Kesehatan supaya bisa menjelaskan,” ujar dia. (DRY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

326 Mahasiswa USB Gelombang 1 di Wisuda, Didin: Tunjukan Kemampuan Diri dan Amalkan Ilmu Selama Kuliah di USB

MATAKOTA || Bandung, — Rektor Universitas Sangga Buana (USB) YPKP Bandung, DR Didin …