Home Regional Bus yang Masuk Jurang di Sumedang Bawa Puluhan Peziarah
Regional - 2021-03-10

Bus yang Masuk Jurang di Sumedang Bawa Puluhan Peziarah


MATAKOTA, Sumedang – Sebuah bus masuk jurang di Sumedang. Kecelakaan bus Sumedang tersebut dialami sebuah bus bus pariwisata, yang mengangkut wisatawan siswa SMP asal Subang.

Terjadi kecelakaan Wado itu tepatnya di wilayah Tanjakan Cae, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang pada Rabu 10 Maret 2021 malam.

Dalam kecelakaan bus Sumedang tersebut dikabarkan belasan orang tewas. Kades Sukajadi, Kec. Wado, Dede Suhendar kepada wartawan melalui ponselnya, menjelaskan kecelakaan wado.

“Bus pariwisata itu ukurannya cukup besar dan jumlah penumpang pun banyak, ada ibu-ibu, anak-anak dan orang tua,” ucapnya, Rabu 10 Maret 2021 malam.

Dede menambahkan, belasan orang yang meninggal dunia, kini dibawa ke Puskesmas Wado. Kebanyakan kecelakaan bus Sumedang itu adalah wanita dan anak anak jadi korban.

BACA JUGA: Bus Masuk Jurang di Sumedang Puluhan Penumpang Tewas

“Saya sendiri ikut mengevakuasi korban yang meninggal dunia, ada sebanyak 15 orang. Ya, meninggal dunia sekira belasan orang,” jelasnya.

Bus nahas tersebut, ujar dia menambahkan, melaju dari arah Malangbong tujuan Sumedang. Kecelakaan terjadi tepatnya di Kp. Kawung Luwuk Rt 1 RW 6 Dusun Cilangkap Desa Sukajadi Kec. Wado.

Mengutip sebagian penumpang yang selamat, kades mengatakan jika korban merupakan rombongan asal Subang.

“Mereka pulang dari tempat ziarah, Pamijahan Tasikmalaya,” ucap dia.

Korban masih dievakuasi dan di lokasi pun sudah ada petugas dari kepolisian.

Korban kecelakaan maut diduga puluhan orang yang berasal dari SMP IT Al Muawanah, Cisalak Subang.

Hal itu diketahui dari nametag yang ditemukan di sekitar lokasi kejadian. Bus pariwisata bernama Sri Padma itu meluncur dari arah Malangbong, Garut, sebelum terperosok ke jurang di wilayah Tanjakan Cae, Dusun Cilangkap, Desa Sukajadi, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang.

Bus berisi rombongan siswa SMP yang pulang ke Subang, setelah melakukan ziarah. Diperkirakan sebagian besar penumpangnya tewas.

Fachmy Fachrulrazy melalui akun Twitter @Ffachrulrazy melaporkan telah terjadi kecelakaan bus pariwisata perjalanan pulang ziarah menuju Subang. Menurutnya, 95 persen penumpangnya meninggal dunia.

“Kecelakaan bus pariwisata perjalanan pulang ziaroh menuju Subang, 95% meninggal dunia.. semoga mereka Husnul khatimah dan mendapatkan tempat paling indah disisi allah Palms up together aamiin.. alfatihah,” tuturnya.

Disebutkan pemilik akun tersebut, penumpang bus pariwisata adalah rombongan pelajar SMP IT Subang.

Dalam video yang tersebar luas di media sosial, bus nahas bernomor polisi T 7591 TB itu tampak terperosok ke jurang dengan posisi ban menghadap ke atas.

Proses evakuasi pun telah dilakukan. Sebagian di antaranya sudah dievakuasi ke puskesmas setempat. Tampak sejumlah korban tewas dan luka-luka. Ambulans pun hilir mudik dengan kecepatan tinggi menuju lokasi kejadian. (DRY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Band Heirens Kejutkan Penggemar dengan Rilis Am I Wrong

MATAKOTA || Bandung, — Heirens merupakan Band Rock asal Bandung, Jawa Barat, Indones…