berita 1583413469 1 1
Home All News Breaking News, Jabar Saber Hoaks Hapus Postingan Soal Siti Aisyah Bukan Kakak Ipar Ridwan Kamil!
All News - Hukum - 2021-04-19

Breaking News, Jabar Saber Hoaks Hapus Postingan Soal Siti Aisyah Bukan Kakak Ipar Ridwan Kamil!

MATAKOTA, Bandung – Breaking News! Jabar Saber Hoaks (JSH) akhirnya menghapus postingan terkait bantahan Siti Aisyah kakak ipar Ridwan Kamil.

Sebelumnya, Jabar Saber Hoaks (JSH) menyatakan bahwa pemberitaan media tentang Siti Aisyah kakak ipar Gubernur Ridwan Kamil merupakan informasi misleading content (konten menyesatkan).

“Tidak benar bahwa anggota DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) periode 2014-2019 Siti Aisyah Tuti Handayani yang terjerat korupsi adalah kakak iparnya Ridwan Kamil. Informasi ini adalah kategori jenis MISLEADING CONTENT,” tulis JSH, dalam kesimpulannya, Sabtu (17/4/2021).

Sekedar informasi, JSH adalah satuan unit kerja dibawah Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat yang dibentuk pada tanggal 7 Desember 2018 melalui Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 700.05/Kep.1261-Diskominfo/2018 tentang Tim Jabar Saber Hoaks Provinsi Jawa Barat.

Jabar Saber Hoaks (JSH) memiliki tugas dan fungsi untuk memverifikasi informasi atau rumor yang belum jelas fakta-faktanya yang beredar di tengah masyarakat.

Verifikasi informasi yang dilakukan JSH, konon melalui proses konfirmasi dan kompilasi serta pengolahan data-data dari sumber atau rujukan yang aktual dan kredibel.

Menariknya, di media sosial Twitter, pemilik akun @wartawanpensiun justru menantang JSH untuk membuktikan pernyataannya.

“Hallo mimin….Bisa diperjelas informasi ini, benerkah informasi Siti Aisyah kakak ipar Ridwan Kamil itu hoaks? Kalau hoaks, coba jelasin detail hoaksnya dimana?,” tanyanya kepada akun JSH, Minggu (18/4/2021).

“Kalian (JSH) dibiayai duit rakyat, wajib beri informasi yang transparan, tegas dan jelas,” tambah @wartawanpensiun.

Kata dia, pihaknya menunggu penjelasan lengkap dari JSH yang menyatakan pemberitaan media soal Siti Aisyah kakak ipar Ridwan Kamil merupakan informasi menyesatkan.

“Ditunggu yah min klarifikasinya!! Jangan sampe nanti kalian malah disebut tukang sebar hoaks. Ingat, kalian tuh dibiayai oleh duit rakyat, bukan duit gubernur,” tandasnya.

Dihubungi redaksi melalui Direct Message (DM), pemilik akun @wartawanpensiun menyatakan dirinya mendapatkan informasi bahwa pimpinan JSH sempat kaget karena ternyata Siti Aisyah Tuti Handayani merupakan kakak ipar dari Atalia Kamil.

“Kita lihat saja berani tidak JSH menjawab pertanyaan itu. Kalau tidak menjawab, yah jangan salahkan masyarakat jika mencap mereka (JSH) tukang sebar hoaks,” ucapnya.

Dia pun mengaku mengetahui bahwa pimpinan JSH meminta pertimbangan seseorang untuk solusi dari pernyataan JSH yang kadung dikeluarkan.

“Informasinya mereka (pimpinan JSH) kaget begitu tahu Siti Aisyah itu kakak ipar Bu Atalia Kamil. Ada pertimbangan postingan mereka mau dihapus (take down) segala,” ujarnya.

Hari ini, Senin 19 April 2021, ternyata postingan JSH sudah tidak bisa diakses. Belum diketahui apa alasan JSH menghapus postingan tersebut.

Sebelumnya, Warganet ramai mempergunjingkan sosok Siti Aisyah Tuti Handayani yang dicokok Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis lalu (15/4/2021).

Diketahui, Siti digelandang ke Rumah Tahanan (Rutan) KPK bersama sejawatnya Ade Barkah Surahman. Mereka berbarengan dibui karena berbuat lancung pada proyek Bantuan Provinsi (Banprov) untuk Kabupaten Indramayu tahun 2017-2019. (DRY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Langka di Pasaran, Ridwan Kamil Imbau Warga Jangan Stok Tabung Oksigen

MATAKOTA, Bandung – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil¬†mengimbau masyarakat ya…