Home All News 102 Peserta Mengikuti UKW, 74 Orang Yang Dinilai Kompeten
All News - Regional - 2023-03-22

102 Peserta Mengikuti UKW, 74 Orang Yang Dinilai Kompeten

MATAKOTA || Bandung, — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat sukses menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke 59, 60 dan 61 yang diselenggarakan di Hotel Grand Asrilia Jl. Pelajar Pejuang 45 No 123 Kota Bandung, selama 2 hari pada Senin dan Selasa 20-21 Maret 2023.

PWI Kota Bandung yang sejak awal terlibat aktif dalam pendaftaran peserta, ikut andil menghantarkan sukses dan lancarnya pelaksanaan UKW.

Animo peserta yang terbilang tinggi itu akhirnya harus terbagi kepada 12 kelas di tiap jenjangnya. Bahkan panitia pun menghadirkan narasumber sebagai bagian dari materi uji Conference Pers & Doorstop.

Diantara narasumber yang hadir diantaranya, Ketua DPRD Kota Bandung, H. Tedy Rusmawan, A.T., M.M. Rusmawan, Anggota DPRD Jawa Barat, H. Arif Hamid Rahman, SH, Ketua Komisi A DPRD Kota Bandung, H. Rizal Khairul, S.IP., M. Si juga Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat, Adiyana Slamet.

Ditambah pula Tenaga Ahli Komisi Informasi (KI) Provinsi Jawa Barat, Dr. Mahi M. Hikmat, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Arief Syaifudin, Sekretaris Badan Kesbangpol Kota Bandung, Sony Teguh Prasatya, S. Sos., M.M, Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bandung, Dicky Wishnumulya Ristandi serta Kepala Bidang Ketahanan Ekonomi Sosial, Budaya dan Ormas Badan Kesbangpol Kota Bandung Apep Insan Parid, AP. M.Si.

Penyelenggaraan UKW yang diikuti 102 orang didominasi dari peserta berasal dari sekitar Bandung Raya kendati ada pula peserta dari berbagai daerah di Jawa Barat.

Dalam sambutan Gubernur Jawa Barat yang diwakili Kepala Bidang Informasi Keterbukaan Publik (KIP) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat, Faiz Rahman mengatakan bahwa pelaksanaan program UKW itu merupakan bentuk nyata dan komitmen terwujudnya insan pers yang kompeten dan profesional.

Dikatakan pula bahwa pada Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 pada Februari lalu, menurutnya, Pemprov Jabar telah melakukan diskusi bersama terkait apa saja yang menjadi kendala utama dalam pelaksanaan UKW.

Sementara, dari 102 peserta yang mengikuti UKW, sebanyak 74 orang yang dinilai kompeten. Penilaian yang dinyatakan oleh para penguji tersebut terjadi karena beberapa sebab, diantaranya ada 15 orang mengundurkan diri karena tak hadir, kemudian mengundurkan diri karena tak sanggup mengikuti materi yang diujikan, dan ada yang mengikuti ujian sampai akhir tapi dinyatakan tak kompeten.

Sedangkan Sekretaris PWI Jabar, Tantan Sulthon Bukhawan mengapresiasi jajaran panitia pelaksanaan program UKW.

Pasalnya ia menilai kesiapan yang mendadak dan dalam waktu yang sangat singkat, acara tetap bisa digelar dengan lancar.

Diakuinya, pelaksanaan UKW sebelumnya diagendakan digelar tanggal 7-8 Maret namun dikarenakan beberapa kendala teknis akhirnya mundur dari jadwal semula.

Namun demikian pihaknya sangat berharap, program UKW tersebut dapat menjadi agenda rutin di tiap kabupaten dan kota lainnya di Jawa Barat.

Sementara itu, siksesnya penyelenggaraan UKW 2023 tersebut berkat dorongan serta support dari pihak pemerintah daerah, bank bjb, bjb syariah, PT Pos Indonesia, LPS, Perumda Tirtawening Kota Bandung. *red

Check Also

Polemik Dugaan Kecurangan PPDB Masih Ditemukan di Tahun 2024

MATAKOTA || Bandung, — Polemik dugaan Kecurangan PPDB Masih ditemukannya dugaan prak…