3893940593
Home All News Bandung Lautan Sampah! DLHK Pastikan Pengangkutan Sampah Akan Kembali Normal
All News - Regional - 3 weeks ago

Bandung Lautan Sampah! DLHK Pastikan Pengangkutan Sampah Akan Kembali Normal

MATAKOTA, Bandung – Akibat berhentinya sementara aktivitas pengelolaan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti, Kota Bandung dan sekitarnya terancam menjadi lautan sampah. Pasalnya, TPA Sarimukti merupakan tempat pembuangan akhir sampah dari kawasan Bandung Raya yang meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat.

Berhentinya sementara aktivitas pengelolaan sampah di TPA Sarimukti, dikarenakan habisnya bahan bakar minyak (BBM) untuk alat berat di TPA tersebut.

Beruntung situasi tersebut kini berangsur membaik. Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung memastikan pengangkutan sampah ke TPA Sarimukti kembali normal.

Menurut Kepala DLHK Kota Bandung Dudi Prayudi, sejak Minggu (7/11), armada pengangkut sampah sudah bisa membuang ke TPA Sarimukti. Dia berharap hal tersebut berlangsung seterusnya agar tidak terjadi lagi penumpukan sampah.

“Saat ini sudah menuju normal, kita angkut sampah-sampah yang tertahan di TPS,” kata Dudi di Bandung, Senin (8/11/2021).

Dia mengutarakan, pada beberapa hari lalu ada sebanyak 57 truk pengangkut sampah yang tertahan di Kota Bandung karena TPA Sarimukti mengalami gangguan operasional.

Hal itu pun menyebabkan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) menampung lebih banyak sampah karena tidak bisa diangkut ke TPA Sarimukti.

“Ya yang jelas ada dampak ya, sampah-sampah yang di TPS belum bisa diangkut. Kemarin ada 57 truk sih, hari Jumat kemarin,” ujarnya.

TPA Sarimukti mengalami gangguan itu karena kekurangan pasokan BBM untuk operasional alat berat. Selain Kota Bandung, daerah lainnya di Bandung Raya pun mengalami kendala yang sama.

Selain hambatan di TPA, menurut Dudi, armada pengangkut sampah juga mengalami kendala dalam perjalanan menuju lokasi TPA.

Salah satunya yaitu akses jalan menuju TPA di kawasan Cipatat sedang ada perbaikan jalan. Sehingga arus lalu lintas pun kerap tersendat di kawasan tersebut.

“Belum lagi ditambah kondisi tiap hari hujan, juga hujan di TPA Sarimukti,” jelas dia. (DRY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

DPRD Kota Bandung Minta BPBD Diatur Perda

MATAKOTA, Bandung — Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pencegahan Bah…