Home Parlemen Tedy Rusmawan dan Achmad Nugraha Hadiri Peringatan Haornas 2023
Parlemen - 2023-09-15

Tedy Rusmawan dan Achmad Nugraha Hadiri Peringatan Haornas 2023

MATAKOTA || BANDUNG — Ketua DPRD Kota Bandung, H. Tedy Rusmawan, A.T., M.M., dan Wakil Ketua II DPRD Kota Bandung, H. Achmad Nugraha, D.H., S.H., menghadiri acara Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) Tingkat Kota Bandung Tahun 2023, di Plaza Balaikota Bandung, Kamis (14/9/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Tedy Rusmawan mengapresiasi semangat kolaborasi yang diwujudkan dalam aktivitas olahraga dengan upaya penuntasan persoalan sampah di Kota Bandung.

Hal ini sejalan dengan tema peringatan Haornas Tingkat Kota Bandung Tahun 2023, yakni Gelanggang Semangat Pemenang Sehat Ragaku Bersih Lingkunganku.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa saat ini Kota Bandung dalam kondisi darurat sampah. Maka apapun program kegiatan maupun aktivitas yang dilakukan, baik oleh perangkat daerah Pemerintah Kota Bandung juga masyarakat, harus bisa disambungkan dan mendukung upaya penuntasan masalah sampah di Kota Bandung,” ujarnya.

Tedy Rusmawan pun mengucapkan terima kasih kepada para atlet Kota Bandung yang telah berjuang dan mengukir prestasi bagi Kota Bandung, baik di kejuaraan tingkat provinsi, nasional, dan juga internasional.

Ia pun berharap Kota Bandung dapat terus melahirkan para atlet potensial, melalui berbagai program pembinaan yang dilakukan secara berjenjang oleh induk organisasi dari masing-masing cabang olahraga.

Proses pembinaan tersebut dapat berbasiskan pada ilmu keolahragaan yang sistematis dan terstruktur berdasarkan penelitian ilmiah atau sport science.

“Proses pembinaan yang dilakukan bagi para atlet harus berbasiskan sport science yang hari ini menjadi tren di dunia olahraga,” ucapnya

Setelah proses pembinaan dilakukan, ia pun meminta agar para pembina olahraga untuk terus mampu menjaga dan memastikan seluruh atlet yang dibina, dapat terus menjadi perwakilan dari Kota Bandung di berbagai event keolahragaan baik di tingkat provinsi, nasional, maupun internasional.

Dalam upaya menghadirkan atlet berpretasi dan juga berkarakter, Tedy pun berpesan agar seluruh induk olahraga, harus berkomitmen untuk mengedepankan pembinaan, bukan cara instan seperti membeli atlet dan lainnya.

“Jangan sampai atlet-atlet yang sudah kita bina yang sudah kita didik selama ini, tiba-tiba lompat ke daerah lain, karena merasa tidak terperhatikan,” ujarnya.

Tedy pun menegaskan komitmen Pemerintah Kota Bandung melalui dukungan anggaran bagi pembinaan dan prestasi para atlet Kota Bandung.

“Untuk mendukung pembinaan dan prestasi bagi para atlet Kota Bandung, kami di Badan Anggaran DPRD Kota Bandung terus mengupayakan terkait anggaran untuk kegiatan-kegiatan olahraga. Insyaallah, kami senantiasa mengupayakan agar sesuai dengan kebutuhan kita semua. Kami berharap, tahun ini ada atlet dari Kota Bandung bisa mewakili Indonesia di ajang Asian Games 2023, sebagai event olahraga tertinggi di Asia,” katanya.

Hal senada disampaikan oleh Wakil Ketua II DPRD Kota Bandung, H. Achmad Nugraha, DH., SH. Ia berharap peringatan Haornas tidak hanya menjadi ajang seremonial tahunan semata.

Namun, menjadi momentum untuk terus mengingatkan bahwa proses pembinaan para atlet dapat terus dilakukan secara serius dan berkelanjutan di tingkat daerah, sehingga dapat bermuara di tingkat nasional.

“Saya selalu mengingatkan bahwa bagaimana semangat kita, bukan hanya memasarkan olahraga saja, tapi bagaimana peningkatan prestasi-prestasi olahraga di Kota Bandung ini, bisa memangku prestasi olahraga di tingkat nasional,” ujarnya.

Achmad Nugraha menilai bahwa prestasi olahraga Kota Bandung di berbagai event keolahragaan tingkat daerah maupun nasional, dalam beberapa tahun terakhir mengalami penurunan.

“Kita lihat saja sekarang, prestasi Kota Bandung di event olahraga semisal Porda saja selalu menjadi runner-up, padahal dulu kita selalu menjadi juara umum,” ucapnya.

Berkaca dari hal tersebut, maka keseriusan dari Pemerintah Kota Bandung dan induk olahraga di dalam memajukan prestasi, harus terus ditingkatkan dan menjadi sebuah prioritas yang dilakukan.

“Sebagaimana tema Haornas Tingkat Kota Bandung tahun ini, maka untuk mewujudkan para pemenang, dibutuhkan upaya pembinaan yang serius dari berbagai stakeholder terkait, sehingga Kota Bandung dapat membuktikan diri mampu menjadi pemenang di Porda yang akan datang,” katanya.* Adv

Check Also

Guna Tingkatkan Transaksi, bank bjb Luncurkan Program “Agen bjb BiSA! JUARA”

BANDUNG, matakota.com – bank bjb kembali memperkenalkan program promosi terbarunya bertaju…