Bunga kecombrang
Home Kesehatan Simak ini, Manfaat Bunga Kecombrang Untuk Kesehatan!
Kesehatan - Kronik - March 11, 2021

Simak ini, Manfaat Bunga Kecombrang Untuk Kesehatan!

MATAKOTA, Bandung – Mayoritas masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan kecombrang atau bunga kecombrang. Tanaman yang tergolong sebagai rempah dan penyedap makanan ini memang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Kuliner asli dalam negeri pun tak sedikit yang menggunakannya sebagai penambah rasa maupun pelengkap makanan.

Hal ini disebabkan karena bunga kecombrang memiliki rasa yang unik, yakni memadukan rasa asam khas lemon dan pedas hangat seperti jahe. Perpaduan kedua rasa tersebut memberikan cita rasa tersendiri saat menyantap makanan, khususnya pada kuliner yang dilengkapi dengan sambal, tumisan, ataupun yang berkuah.

Tahukah bahwa fungsi dari bunga kecombrang tidak semata-mata untuk menjadikan masakan lebih lezat? Banyak orang percaya bahwa bunga kecombrang dapat memberikan efek positif bagi kesehatan. Bahkan, karena khasiat yang dimilikinya, tanaman ini termasuk sebagai makanan yang menyehatkan.

images 48 9
Bunga kecombrang (foto:net)

Manfaat bunga kecombrang untuk kesehatan tentu berasal dari kandungan gizi yang terkandung di dalamnya. Beberapa nutrisi yang dimiliki meliputi air, karbohidrat, fosfor, kalsium, kalium, lemak, seng, protein, hingga zat besi.

Jadi, apa saja khasiat untuk kesehatan dari tanaman dengan tinggi mencapai 5 meter dan sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia ini? Untuk lebih jelasnya, mari simak uraiannya berikut ini.

Mengandung Senyawa Alami sebagai Pembersih dan Pelancar Sirkulasi Darah

Sering disepelekan, namun, darah memegang pengaruh yang penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Ketika kotor atau tidak terjaga alirannya, darah mampu menyebabkan beragam masalah kesehatan yang serius. Pasalnya, cairan tersebut diedarkan ke semua bagian tubuh serta organ penting di dalam tubuh manusia.

Untuk menjaga darah agar tetap bersih, Anda bisa melakukannya dengan mengonsumsi tanaman rempah ini. Hal ini disebabkan karena bunga kecombrang memiliki kandungan senyawa alami yang mampu membuat darah menjadi lebih bersih dan terjaga kandungannya.

Dengan mengonsumsinya, darah yang mengalir dan diedarkan ke seluruh bagian tubuh tidak akan membawa bakteri maupun virus. Risiko mikroorganisme untuk menginfeksi organ dalam dan menyebabkan penyakit berbahaya pun menjadi semakin kecil terjadi.

Oleh karena itu, agar tubuh senantiasa dalam keadaan yang sehat dan jauh dari ancaman penyakit, menjaga kebersihan darah adalah hal yang penting untuk dilakukan. Salah satu cara untuk membersihkan darah adalah dengan mengonsumsi tanaman yang banyak dijadikan bahan masakan tradisional Indonesia tersebut.

Mampu Membuat Tulang dan Gigi Semakin Kuat

Terlihat dari kandungannya, kecombrang dapat dimanfaatkan sebagai sumber nutrisi untuk menjaga kesehatan tulang dan juga gigi. Khususnya bagi anak-anak yang berada di usia pertumbuhan, mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kalsium, protein, dan zat besi sangat direkomendasikan.

Dengan begitu, proses pertumbuhan tubuh anak dapat berkembang dengan optimal dan maksimal. Namun, tidak berarti orang di usia dewasa tidak membutuhkan kandungan tersebut untuk menyehatkan tulang.

Karena bagaimanapun juga, kesehatan tulang dan gigi harus tetap dijaga agar tidak keropos dan menyebabkan penyakit seperti osteoporosis ataupun gigi ompong di usia lanjut.

images 49 2
Bunga kecombrang (foto: net)

Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh dan Mengecilkan Risiko Dehidrasi

Sering dianggap remeh, namun kekurangan cairan atau biasa dikenal dengan istilah dehidrasi adalah kondisi yang dapat membahayakan bagi tubuh. Oleh sebab itu, kebutuhan tubuh akan cairan harus selalu tercukupi agar tidak sampai terjadi yang namanya dehidrasi tersebut.

Selain meminum air yang cukup, cara agar tubuh tetap terhidrasi bisa dilakukan dengan mengonsumsi salah satu tanaman rempah ini. Jadi, bunga kecombrang hanya membantu tubuh dalam mencukupi kebutuhan cairan, bukan sebagai sumber utama untuk mendapatkannya.

Dapat Mengurangi Mual pada Ibu Hamil dan Membuat Asi Lebih Lancar

Masa kehamilan adalah waktu krusial bagi hampir seluruh wanita. Pasalnya, dalam kurun waktu sekitar 9 bulan tersebut, para calon ibu sedang menantikan kelahiran buah hatinya ke dunia.

Meski begitu, menanti momen yang membahagiakan tersebut memerlukan banyak perjuangan. Beberapa di antaranya adalah rasa mual yang sering muncul yang dapat membuat asupan nutrisi pada ibu hamil menjadi kurang tercukupi. Untuk mengatasi masalah tersebut, mengonsumsi bunga kecombrang dapat menjadi jalan keluarnya.

IMG20210306154812 scaled
Sambal bunga kecombrang (foto: matakota)

TIdak hanya itu, bunga kecombrang juga memiliki khasiat untuk melancarkan ASI setelah melahirkan. Seperti yang sudah dipahami, ASI adalah asupan utama bagi bayi saat beberapa bulan pertama.

Jika aliran ASI tidak lancar, bukan tidak mungkin kesehatan buah hati Anda akan ikut terpengaruh juga. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi tanaman ini secara rutin, Anda dapat memastikan kelancaran ASI untuk diberikan kepada bayi.

Mengatasi Berbagai Masalah Pencernaan yang Sering Muncul

Saat muncul rasa sakit di perut akibat asam lambung yang meninggi, bunga kecombrang mampu membantu meredakan penyakit tersebut. Pasalnya, kandungan yang dimiliki tanaman ini mampu menetralkan kandungan asam di lambung yang secara mendadak meningkat.

Namun, agar khasiat tersebut bisa didapatkan dengan maksimal, Anda tetap harus menjaga pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Jika banyak mengonsumsi makanan pedas atau yang terlalu asam, masalah asam lambung tetap akan kambuh dan susah untuk disembuhkan.

Selain itu, kandungan seratnya yang tinggi mampu membuat pencernaan menjadi lebih sehat. Dengan tercukupinya asupan serat dalam tubuh, kinerja sistem pencernaan akan menjadi lebih lancar dan lebih optimal dalam mengeluarkan sisa makanan yang tidak bisa diurai. Masalah konstipasi atau susah BAB juga dapat teratasi dengan mengonsumsi bunga kecombrang.

Tergolong sebagai makanan yang mengandung lemak sangat rendah, yakni hanya 1%, bunga kecombrang juga cocok dijadikan sebagai pilihan kuliner saat diet. Ditambah dengan kandungan seratnya yang berlimpah, bunga kecombrang dapat membuat perut tidak mudah terasa lapar sehingga nafsu makan pun menjadi lebih terkontrol.

Kaya Akan Antioksidan untuk Memperkuat Sel dalam Tubuh

Menjaga sel tubuh agar tetap kuat adalah hal yang penting untuk dilakukan agar tubuh tetap sehat. Caranya bisa bermacam-macam, salah satunya adalah memenuhi kebutuhan tubuh akan asupan antioksidan.

Dengan mengonsumsi bunga kecombrang, asupan antioksidan dalam tubuh dapat terpenuhi. Dengan tercukupinya kebutuhan antioksidan, sel dalam tubuh akan tetap kuat sehingga terhindar dari ancaman banyak penyakit berbahaya.

Tidak hanya menangkal risiko kerusakan pada sel tubuh, antioksidan juga berguna untuk menumpas radikal bebas yang seringkali menjadi pemicu munculnya sel kanker.

Sering Dijadikan Penyedap Makanan karena Beraroma Segar

Kebanyakan dari Anda mungkin tidak asing dengan ragam kuliner tradisional yang terbuat dari kecombrang ini. Bahkan, sebagian dari Anda mungkin tidak menyadari jika sering mengonsumsi kecombrang karena saking banyaknya jenis makanan Indonesia yang memiliki bahan tambahan tanaman tersebut.

Alasan mengapa kecombrang banyak dijadikan sebagai campuran pada masakan Indonesia adalah karena tanaman tersebut memiliki aroma yang segar serta tajam. Perpaduan dari kedua hal tersebut dikenal mampu membuat masakan menjadi lebih menarik untuk disantap dan mampu meningkatkan nafsu makan. Salah satu jenis makanan yang identik dengan penggunaan tanaman ini adalah sambal kecombrang. (DRY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

DPRD Jabar Dorong Kabupaten dan Kota Adopsi Konsep Cyber Yogyakarta

MATAKOTA, Yogyakarta – Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Sadar Muslihat m…