DPRD Kota Bandung
Home All News PSI Kritik Keras Pembelian Ponsel Mewah DPRD Kota Bandung
All News - Nasional - 2022-02-22

PSI Kritik Keras Pembelian Ponsel Mewah DPRD Kota Bandung

MATAKOTA, Bandung – Sekretariat DPRD Kota Bandung telah menganggarkan pembelian smartphone (ponsel) baru sebanyak 47 unit. Rencana pengadaan tersebut dilakukan melalui metode e-purchasing. Tak tanggung-tanggung, pagu anggaran yang disediakan untuk pengadaan ini mencapai Rp 1,085 miliar. Jika dirinci, harga satuan ponsel ‘Sultan’ itu berkisar Rp 23 juta.

Belakangan, rencana pembelian ponsel mewah tersebut, mendapat kritik tajam dari masyarakat luas. Bahkan anggota DPRD Kota Bandung dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Yoel Yosaphat, turut mempertanyakan alasan Sekretariat Dewan (Setwan) dalam menetapkan spesifikasi ponsel dengan harga fantastis tersebut.

“Dari informasi yang saya dapat, spek-nya merujuk ke satu brand dan tipe smartphone tertentu ya. Ini jadi pertanyaan, pertama mengapa smartphone, bukan tablet atau laptop? Kedua, mengapa spesifikasinya harus premium begitu?” tukas Yoel, di Gedung DPRD Kota Bandung, Selasa (22/2/2022).

Yoel tak memungkiri bila smartphone atau telepon seluler merupakan bentuk perkembangan zaman. Penggunaan benda tersebut setidaknya bisa mengurangi penggunaan kertas atau lebih praktis.

“Kalau alasan membeli gadget sebagai bentuk digitalisasi dan efisiensi, agar ke depan penggunaan kertas, ATK, dan fotokopi menjadi lebih minim, tentu masuk akal. Terlebih Bandung sebagai smart city perlu digitalisasi,” ujarnya.

Hanya saja, Yoel menilai berlebihan jika membeli smartphone dengan spek yang telah ditetapkan. Ia bilang, seharusnya pengadaan disesuaikan dengan fungsi yang dibutuhkan, tidak perlu terlalu canggih.

“Jangan niatnya efisiensi, tapi malah tidak efisien. Dan yang perlu diperjelas adalah bagaimana status kepemilikannya?,” ucap Yoel.

“Ini kan uang APDB, aset daerah, pertanggungjawaban setelah selesai masa jabatan harus jelas, bagaimana pengembaliannya,” imbuh Ketua DPD PSI Kota Bandung tersebut. (EDI).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also

Sempat Terpuruk, Toko Oleh-Oleh Haji dan Umrah Kembali Menggeliat

MATAKOTA, Bandung – Pemberangkatan jemaah haji Indonesia yang sempat ditutup sampai …