Home Pemerintahan Pemkot Bandung Terus Menghimbau Agar Partisipasi Masyarakat Diperkuat Dalam Penyusunan RKPD 2024
Pemerintahan - 2023-03-07

Pemkot Bandung Terus Menghimbau Agar Partisipasi Masyarakat Diperkuat Dalam Penyusunan RKPD 2024

MATAKOTA || Bandung — Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya memperluas partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan dan program pembangunan pada Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2024.

Untuk itu, Pemkot Bandung menggelar konsultasi publik rencana awal RKPD Tahun 2024 di Harris Hotel Jalan Peta Bandung, Selasa 7 Maret 2023.

RKPD Kota Bandung Tahun 2024 mengacu pada dokumen Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kota Bandung tahun 2024-2026 yang penyusunannya dilakukan secara simultan.

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, konsultasi publik ini merupakan upaya Pemkot Bandung untuk memperkuat partisipasi masyarakat dalam penyusunan RKPD.

“Ini untuk menjaring aspirasi masyarakat pada tahap awal  terhadap arah pembangunan dan kebijakan Kota Bandung di tahun 2024,” kata Yana.

“Kami sangat mengapresiasi partisipasi masyarakat dalam konsultasi publik ini. Masukan yang diberikan sangat berharga untuk memperbaiki kualitas dan keterkaitan antara program prioritas dan kebutuhan masyarakat,” imbuhnya.

Yana menyebut, RKPD Tahun 2024 harus mampu mengidentifikasi isu-isu strategis di Kota Bandung. Ia berharap RPD dan RKPD dapat menghadirkan kualitas infrastruktur kota yang inklusif dan berkelanjutan serta pemerataan ekonomi masyarakat juga peningkatan kenyamanan dan kelayakhunian kota.

“Ini sebagai komitmen bersama pemerintah dalam pembangunan kota,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Kota Bandung, Anton Sunarwibowo mengatakan, tema pembangunan kota Bandung tahun 2024 yakni memantapkan pemulihan ekonomi dan kualitas infrastruktur kota yang inklusif dan berkelanjutan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sedangkan isu strategis dalam RPD dan RKPD 2024 yakni Peningkatan kualitas dan daya saing SDM dan sarana dan prasarana pendukungnya; Peningkatan tata kelola pemerintahan berbasis digital atau SPBE; Peningkatan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi; dan Peningkatan kenyaman dan kelayakhunian kota.

Gambaran umum proyeksi tahun 2024 untuk Indeks Pembangunan Manusia 83,30. Lalu, laju pertumbuhan ekonomi diproyeksikan di angka 6 persen sedangkan persentase penduduk miskin 3,96 persen.

Seluruh masukan dan saran masyarakat akan dijadikan acuan dalam penyusunan RKPD Kota Bandung Tahun 2024.

“Kami berharap dengan adanya partisipasi masyarakat dalam konsultasi publik ini, RKPD yang disusun dapat lebih relevan dengan kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Konsultasi publik RKPD Tahun 2024 di Pemkot Bandung ini merupakan upaya untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih transparan, akuntabel, dan partisipatif.

Sebagai informasi, kegiatan ini diikuti oleh sejumlah tokoh masyarakat, pengusaha, akademisi, dan perwakilan organisasi masyarakat serta masyarakat umum.

Dalam diskusi tersebut, masyarakat memberikan masukan dan saran mengenai berbagai isu seperti pemberdayaan ekonomi, kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan infrastruktur. ***

Check Also

bank bjb Hadirkan Cashback 63 Persen untuk Pembayaran Pajak Kendaraan

BANDUNG, matakota.com – Bank bjb kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan kemudaha…