Home Pemerintahan Pemkot Bandung Menyiapkan Ratusan Personil Untuk Menangani Sampah Hari Raya Idulfitri 1445H.
Pemerintahan - 2024-04-08

Pemkot Bandung Menyiapkan Ratusan Personil Untuk Menangani Sampah Hari Raya Idulfitri 1445H.

MATAKOTA||Bandung — Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah menyiapkan strategi untuk menangani peningkatan volume sampah selama perayaan Hari Raya Idulfitri 1445H.

Dengan melibatkan sebanyak 993 personel pada malam takbir, 222 personel saat hari H, dan 753 personel pada H+1, Pemkot Bandung bertekad untuk menjaga kebersihan lingkungan dan kenyamanan masyarakat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung, Dudy Prayudi menyampaikan malam takbir menjadi fokus utama operasi penanganan sampah. Sebanyak 993 personel akan disebar di titik-titik keramaian warga, terutama di wilayah pasar, pedagang kaki lima (PKL), dan tempat wisata.

Hal ini bertujuan untuk memastikan sampah yang dihasilkan selama malam takbir dapat segera ditangani dan dibersihkan.

“Seperti telah diumumkan bahwa saat malam takbir para Pedagang Kaki Lima boleh berjualan hanya sampai pukul 23.00 WIB, sehingga kami bisa segera bergerak menangani sampah saat itu,” jelas Dudy kepada Tim Humas Kota Bandung, Senin, 8 April 2024.

Pada 10 April 2024, sebanyak 222 personel akan melakukan operasi khusus di lokasi-lokasi yang digunakan untuk pelaksanaan shalat Idulfitri dan tempat-tempat ziarah. Langkah ini diambil untuk menjaga kebersihan dan ketertiban di tempat-tempat ibadah serta menjaga kenyamanan bagi para jamaah.

“Pada H+1, operasi penanganan sampah akan kembali ditingkatkan dengan melibatkan 753 personel. Mereka akan menargetkan titik-titik keramaian warga, terutama di pasar, PKL, dan tempat wisata, guna memastikan bahwa sisa-sisa sampah pasca-perayaan Idulfitri dapat segera diatasi,” kata Dudy.

Pemkot Bandung juga telah menyiapkan strategi untuk 12 April dan 13 April, dengan melibatkan 997 personel dan 1.103 personel secara berturut-turut.

Personel yang bertugas terdiri dari Koordinator Lapangan, Tim Penyapuan, Tim Pengangkutan, dan Tim Pendukung lainnya. Mereka akan bekerja keras untuk memastikan kondisi Kota Bandung tetap bersih dan nyaman selama dua hari tersebut.

Dengan strategi yang terencana dengan baik dan kerjasama yang kuat antara pemerintah dan masyarakat, diharapkan Kota Bandung dapat menjaga kebersihan lingkungan serta menciptakan suasana yang nyaman dan bersih selama perayaan Idulfitri 1445H.

Berdasarkan Surat edaran Nomor 1707/PBLS.04/DLH tentang penetapan jam operasional TPK Sarimukti dijelaskan bahwa pada hari H (Idulfitri) TPK sarimukti tutup.

Menanggapi hal tersebut Dudy menyampaikan langkahnya dalam menangani sampah di Kota Bandung pada hari H.

SPA atau Penampungan Sementara untuk setiap SWK yang akan menampung sampah jalan saat hari H Idulfitri di antaranya:

1. TPS Ciwastra : SWK Kordoba dan SWK Ubermanik
2. Bawah Jembatan Layang Pasupati : SWK Cibeunying
3. Taman Holis : SWK Tegalega
4. Ence Ajis : SWK Bojonegara
5. TPS Kobona : SWK Karees. **

Check Also

Terkait Peningkatan PAD DPRD Kabupaten Bogor Kujungi DPRD Jabar

MATAKOTA||Bandung,  – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat menerima k…