Mahasiswa Juara University Sales Championship Diincar Perusahaan
Home Ekonomi Mahasiswa Juara University Sales Championship Diincar Perusahaan
Ekonomi - Regional - 2 weeks ago

Mahasiswa Juara University Sales Championship Diincar Perusahaan

MATAKOTA, BANDUNG — Komunitas Sales Indonesia (KOMISI) divisi Vokasi telah selesai menggelar kompetisi antar mahasiswa se-Indonesia bertajuk University Sales Champhionship (USC).

Sekar Tyas Nareswari selaku Ketua Divisi Vokasi KOMISI menjelaskan bahwa  USC adalah gelaran kontes bergengsi tingkat Nasional yang melatih soft dan hard skill mahasiswa,  baik teori maupun praktik langsung, dimana para peserta dibekali inspirasi dari para praktisi selaku narasumber dan ditantang terjun langsung mendampingi UMKM berdampak pandemi agar omsetnya naik dalam waktu kurang dari dua bulan.

“Kompetisi ini baru pertama kali diadakan untuk membantu para mahasiswa semua jurusan yang tertarik mempunyai nilai lebih yaitu “jago jualan” yang artinya punya kemampuan komunikasi, empati, orientasi bisnis dan ambisi berprestasi secara baik dan benar dalam konteks jualan yang beretika. Bisa dibilang ini sebagai ajang gali dan cari bakat seorang sales mumpuni. Sekaligus mengangkat UMKM disekitar mahasiswa untuk diajak naik kelas dengan sentuhan tepat menghasilkan omset yang meningkat. Maka tak heran saat ajang masih berlangsung hingga sudah selesai, banyak perusahaan tertarik dan menawarkan pada peserta agar bergabung paruh waktu atau sepenuhnya menjadi tim salesnya”, ujar Sekar

Dedy Budiman selaku Founder KOMISI memaparkan bahwa kegiatan positif ini bakalan menjadi gelaran rutin setiap tahunnya.

“Kompetisi USC yang mulai didengungkan dibuka pendaftaran tepat saat perayaan HUT Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2021 dan diakhiri dengan pengumuman pemenang saat Hari Sales Indonesia tanggal 11 November 2021 yang juga merupakan hari lahirnya KOMISI, akan menjadi tradisi tahunan mengisi kemerdekaan dengan menciptakan bibit unggul sales. Berikan 10 mahasiswa pada KOMISI maka akan menguncang profesi Sales Indonesia yang mampu meningkatkan omset perusahaan yang berdampak memutar perekonomian Indonesia ” ujar Dedy optimis

Sekar memaparkan bahwa dari total yang mendaftar berjumlah 102 mahasiswa. Di pakailah sistem gugur, ada 45 kelompok yang terdiri dari dua orang mahasiswa pada masing – masing kelompok yang bertahan di tahap awal. Lalu tahap selanjutnya disaring 21 kelompok yang berhasil mendampingi UMKM hingga tuntas. Dan terakhir dipilih 5 kelompok terbaik sebagai juara 1 hingga harapan 2 yang mampu memenuhi penilaian juri dengan didasarkan pada 50% proses daya juang dan 50% hasil dari kemampuan implementasi team work yang menunjukkan kebolehannya secara online maupun offline.

Tahap pengajaran dari enam narasumber  yang berlangsung empat hari secara daring mulai disampaikan Indra Hadiwidjaja yang juga merupakan Ketua Umum KOMISI menjelaskan arti dan falsafah penjualan dan potensi yang didapatkan, disambung Sekar Tyas Nareswari yang juga berprofesi sebagai Store Manager  PT. ACE Hardware Indonesia dan mahasiswa Pasca Sarjana Atma Jaya Yogyakarta menjabarkan penulisan rancangan bisnis UMKM dan pembuatan Bisnis Model Canvas (BMC). Hari selanjutnya materi dari Dedy Budiman yang juga merupakan The Champhion Sales Trainer, founder KOMISI (Komunitas Sales Indonesia), SDI (Sales Director Indonesia) dan Agmari (Asosiasi Guru Marketing Indonesia) menjelaskan teknik mendampingi UMKM, mengupgrade keterampilan menjual dan melihat peluang segmen pasar. Lalu Ahmad Madani selaku Direktur Pratama Edukasi Sales School & Pengurus Inti KOMISI dan  AGMARI yang menjelaskan tentang content marketing serta tips dan trik mengunakan sarana media sosial dan ketrampilan berjualan online. Narasumber dari perusahaan yang ikut sebagai sponsor yaitu Denny Widya, direktur PT Dymar Jaya Indonesia yang membuka mindset untuk meraih mimpi setinggi langit dan cara merealisasikannya. Kemudian narasumber tamu seorang bankir Bramudya Rama yang memaparkan peranan perbankan dalam mendorong dunia usaha disertai aplikasi sederhana menghitung cepat pembukuan UMKM tanpa ribet.

Adapun para pemenang Juara 1 diraih Michel Purnama dan Hudzaifah Zaid Abdurahman dari Universitas Padjadjaran Bandung, Juara 2  Layinatuz Zulfa & Triyas Aldini dari Politeknik Negeri Semarang, Juara 3  Avira Nur Aini Mawar dan Kartika Rahmadana dari Politeknik APP Jakarta, Juara Harapan 1 Dwi Hanifah & Aditya Nuylul dari Politeknik Negeri Semarang dan Juara Harapan 2 oleh Gladys Sari Putri Sirait & Oswella Martha dari Universitas Mpu Tantular Jakarta.

“Yang pasti perusahaan yang juga mensponsori acara ini yaitu Dymar, JNE dan Acer serta perwakilan perusahaan yang lain yang menyaksikan pengumuman pemenang dalam rangkaian HUT KOMISI sesaat sebelum penyampaian materi training dari pak James Gwee, siap mendukung acara serupa dan siap mengincar dan menampung didikan dari Vokasi KOMISI, begitu juga sudah ada 11 perguruan tinggi yang akan mengundang tim Vokasi KOMISI untuk bekerja sama menumbuhkan “bibit unggul”sales dan menjadi link and match antara perusahaan dengan dunia pendidikan dan seluruh peserta tetap didampingi dalam wadah KOMISI MUDA untuk dapat mencapai cita citanya berprofesi sebagai sales”, pungkas Sekar.

Terima kasih

Sekar Tyas Nareswari

(Ketua Divisi Vokasi KOMISI)

(ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Berkat Kinerja Positif Selama 3 Periode Terakhir, bank bjb Sabet Predikat Top 20 Financial Institution 2021

MATAKOTA, JAKARTA — Di penghujung tahun 2021, bank bjb berhasil mendapat predikat To…