Home All News Legislator Apresiasi Wali Kota Respons Permasalahan Kota Bandung
All News - Parlemen - 2022-05-18

Legislator Apresiasi Wali Kota Respons Permasalahan Kota Bandung

MATAKOTA, Bandung – Wali Kota Bandung Yana Mulyana mendapat pujian dari kalangan legislator setelah dirinya ditetapkan sebagai Wali Kota Bandung sisa masa bakti 2018 – 2023 sebulan yang lalu atau tepat pada 18 April 2022 di Gedung Sate.

Anggota DPRD Kota Bandung dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Christian Julianto menilai, sosok kepala daerah itu sangat istimewa ketika memahami persoalan, kebutuhan dan keinginan masyarakatnya. Ini juga berlaku untuk seorang Yana Mulyana, kata Christian, karena, tidak semua pemimpin mempunyai karakter responsif yang tinggi kepada masyarakatnya.

“Bisa saya diksikan, responsif Pak Wali Kota itu suatu hal yang bukan dibuat-buat. Karena merespon aspirasi masyarakat itu diksi yang tidak muncul tiba-tiba,” katanya di Gedung DPRD Kota Bandung, Rabu (18/5/2022).

Christian mencontohkan sikap responsif Yana Mulyana, sehari setelah ditetapkan sebagai walikota definitif,  langsung melantik 130 pejabat di lingkungan Pemkot Bandung, termasuk kepala sekolah.  Kebijakan itu dimaksudkan agar fungsi pelayanan dan pendidikan dapat lebih optimal. “Ini langkah cepat dan perlu diapresiasi.”, ujar Christian.

Seperti diketahui menjelang musim bergulirnya liga Indonesia1, Persib Bandung membutuhkan home base. Wali Kota Yana Mulyana pun bergerak cepat mengecek langsung kesiapan dan kelayakan stadion GBLA.

“Dengan kapasitas sebagai Walikota definitif, Kang Yana langsung mengambil langkah untuk segera menyelesaikan secepatnya. Mudah-mudahan prosesnya lancar sehingga bisa segera dimanfaatkan,” sebut Chris.

Di sela-sela kesibukannya sebagai orang nomor satu di Kota Bandung, Yana Mulyana memastikan akan terus melakukan pembenahan dalam penanganan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat.

Termasuk belakangan terkait kasus penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, yang sudah menulari lebih dari 3400 ekor. Kang Yana dengan sigap memerintahkan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian memperketat distribusi hewan ternak.

Langkah itu kata Christian perlu kita apresiasi sebagai langkah pencegahan penularan, apalagi jelang hari raya Idul Adha.

“Kami berharap di sisa masa jabatannya,  Kang Yana bisa bekerja cepat dan tepat untuk mengejar target RPJMD dan menjawab kebutuhan masyarakat,” kata Christian.

Anggota Komisi B DPRD Kota Bandung ini juga menilai Wali Kota Bandung Yana Mulyana, telah memberi kepercayaan dan mandat kepada para pejabat baru dilingkungan Pemkot Bandung. Ia berharap agar usai dilantik mereka bisa langsung bekerja sebagai wujud pelayanan publik.

“Para pejabat punya tanggung jawab dan dituntut untuk siap menjadi pemimpin di masa transisi menuju endemi COVID-19 dengan inovatif, kreatif dan solutif menghadapi masalah,” pungkas Christian. (EDI).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also

9 Kali Beruntun! Kota Bandung Sabet Juara Umum MTQ Jabar

MATAKOTA, Bandung – Kota Bandung kembali meraih juara umum pada MTQ Jabar ke-37 tahu…