Home All News Lagi, Banjir Terjang Wilayah Gedongpanjang Sukabumi
All News - Nasional - 2022-04-17

Lagi, Banjir Terjang Wilayah Gedongpanjang Sukabumi

MATAKOTA, Sukabumi – Bencana banjir, kembali melanda wilayah Kelurahan Gedongpanjang, Sukabumi, Sabtu 16 April 2022. Banjir mengakibatkan sejumlah rumah terendam dan kolam ikan milik warga setempat meluap.

Menurut Kapolsek Citamiang AKP Arif Saptaraharja, banjir yang terjadi di Keluruhan Gedongpangjang, Kecamatan Citamiang ini akibat tersumbatnya saluran air oleh sampah.

“Sehingga saat hujan deras turun, air masuk ke permukiman masyarakat dan dampak lainnya sejumlah kolam ikan milik warga debit airnya meluap sehingga banyak ikan yang hanyut terbawa banjir,” ujarnya.

Menurut Arif, awalnya pihaknya hendak meninjau lokasi pondasi yang longsor dan menimpa rumah warga serta menyebabkan seluruh penghuni rumah yang berjumlah empat jiwa tertimbun.

Akibat bencana yang terjadi pada Kamis, (14/4) tersebut, tiga korban mengalami luka sedang dan ringan serta satu korban lainnya yang masih balita mengalami luka berat dan saat ini masih menjalani perawatan intensif di RSUD R Syamsudin SH.

Dijelaskan Arif, saat berada di lokasi longsor yang kebetulan saat itu tengah turun hujan deras, pihaknya mendapatkan laporan telah terjadi banjir yang lokasinya tidak jauh dari tempat kejadian longsor.

Personel gabungan dari kepolisian, TNI dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi langsung bergegas meninjau ke lokasi kejadian untuk melakukan penanggulangan.

Dari hasil pendataan, ternyata banjir yang merendam sejumlah rumah dan kolam warga itu akibat tersumbatnya saluran air oleh berbagai jenis sampah, sehingga kali kecil yang berada di sekitar permukiman debit airnya meluap.

Maka dari itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan jangan membuang sampah sembarangan apalagi ke sungai, karena bisa menjadi masalah di kemudian hari seperti banjir yang terjadi sekarang ini.

“Informasi dari petugas di lapangan, dampak kerugian akibat banjir tersebut mencapai Rp92 juta dan sudah kami laporkan kepada pimpinan (Kapolres Sukabumi Kota) serta berkoordinasi dengan instansi terkait untuk bersama-sama melakukan penanggulangan,” jelasnya.

Arif mengatakan, meskipun bencana banjir ini tidak menimbulkan korban jiwa, tetapi tetap harus menjadi perhatian apalagi curah hujan di Kota Sukabumi masih cukup tinggi dan kepada warga senantiasa menjaga kebersihan lingkungan. *****

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also

Tingkatkan Literasi Warga, Wali Kota Bandung Apresiasi Konsep Store Clavis Indonesia

MATAKOTA, Bandung – Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meminta seluruh elemen masyaraka…